Trending

Komisi III DPRD Balangan Gelar Rakor Bahas Ternak Unggas Mati Massal

RAKOR: DPRD Balangan menggelar rapat bahas banyaknya ternak unggas mati secara massal di Balangan - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Banyaknya kasus unggas yang mati secara serentak di tengah masyarakat di Kabupaten Balangan mendapat perhatian dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan.

Terkait hal ini, Ketua Komisi III Hafiz Ansyari menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan di ruang rapat Kantor DPRD Balangan, Selasa (23/1/2024).

BACA JUGA: Jasa Raharja dan Korlantas Polri Gelar Survei ke Sejumlah Ruas Tol di Wilayah Jawa

Hafiz Ansyari menyebut masyarakat sering mengeluhkan terkait unggas yang mati mendadak, pihaknya berharap dengan pertemuan ini bisa mengetahui penyebab dan cara menanggulangi adanya fenomena ini.


“Kami ingin mengetahui program apa saja yang telah dilakukan oleh DKP3 Balangan dalam menangani kasus matinya unggas secara mendadak,” katanya.


drh. Ayu yang mewakili DKP3 mengatakan adanya fenomena unggas mati mendadak ini karena adanya perubahan musim, yakni dari musim kemarau ke musim penghujan, dan para peternak yang ada di Balangan juga masih sedikit yang melakukan vaksinasi.

“Belum lama ini ada dua desa yang dikunjungi, yaitu Desa Haur Batu dan Desa Sungsum, unggas yang mati karena tidak melakukan vaksinasi dan tidak dikandang dengan baik,” terangnya.

BACA JUGA: Hasil Imbang Oman Antarkan Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Piala Asia

Ayu mengatakan bahwa saat ini memang masih belum bisa melakukan vaksinasi secara menyeluruh karena adanya keterbatasan dengan vaksin dan obat-obatan.

“Perlu adanya penyuluhan bagi peternak sehingga para peternak bisa melakukan pencegahan dan penanggulangan jika muncul adanya penyakit pada hewan ternak,” pungkasnya. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama