Trending

KPU RI: Logistik Tahap I Sudah 100%, Tahap II Ditargetkan Selesai 15 Januari


DISTRIBUSI - KPU RI menggelar konferensi pers terkait distribusi logistik. (istimewa)


BANUATODAY.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memyampaikan perkembangan penyediaan logistik pemilu baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers dipimpin Ketua KPU Hasyim Asy’ari, dihadiri Anggota KPU August Mellaz, Yulianto Sudrajat, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno. 

Terkait penyediaan logistik Pemilu 2024, Yulianto Sudrajat menyampaikan perkembangan untuk Tahap I (kotak suara, tinta, kemudian bilik, segel, dan segel kabel ties) hingga 4 Januari 2024, pukul 22.00 WIB, produksi, pengiriman dan penerimaan di gudang KPU Kab/kota telah mencapai 100 persen. 

Sementara Tahap II (surat suara, sampul kertas yaitu sampul bungkus dan sampul biasa, formular, DCT, template alat bantu tunanetra) proses produksi mencapai 85 persen, pengiriman 55 persen, dan penerimaan di gudang KPU kabupaten/kota sebesar 30 persen. 

Adapun ditargetkan penerimaan seluruh logistik Tahap II di gudang KPU kabupaten/kota 15 Januari 2024.

“Terkait logistik untuk pemilu di luar negeri, untuk pengiriman Tahap I sudah dilaksanakan mulai tanggal 2-25 Desember 2022, diprioritaskan untuk pengiriman surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Surat Suara untuk pemilu untuk DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 ke 128 perwakilan negara sudah sebesar 100 persen terpenuhi di seluruh PPLN penjuru dunia."

"Berikutnya secara simultan untuk Tahap II dilaksanakan apabila terdapat kekurangan pengiriman Tahap I dan Tahap II artinya apabila ada laporan-laporan dari kekurangan dari PPLN segera kami respon dan akan segera kami kirim secara simultan dan ini sudah berjalan,” tutup Drajat. (hum/niz)

Lebih baru Lebih lama