Trending

Legenda Sepak Bola Asal Jerman Franz Beckenbauer Meningal Dunia

Franz Beckenbauer (footbal database) dan bersama Maradona pada tahun 1978 (wikipedia)

BANUATODAY.COM - Di era 70-an, nama Franz Anton Beckenbauer atau lebih dikenal dengan Franz Beckenbauer merupakan termasuk dalam jajaran pemain sepakbola top dunia.

Franz Beckenbauer merupakan legenda sepakbola asal Jerman.

Dalam karir bermainnya dia dijuluki Der Kaiser ("Kaisar") karena gayanya yang elegan, dominasi dan kepemimpinannya di lapangan, dan juga karena nama depannya "Franz" mengingatkan pada kaisar Austria. 

Dia secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbesar dalam sejarah olahraga.

Pada Minggu 7 Januari 2024, pihak keluarga mengumumkan kematian sang legenda.

Pengumuman meninggalnya Beckenbauer tersebut disampaikan keluarga sang mendiang lewat rilis yang dikirim ke kantor berita Jerman, Deutsche Presse-Agentur.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami saya dan ayah kami, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya pada hari Minggu, dikelilingi oleh keluarganya,”

“Kami mohon agar kami bisa berduka dalam diam dan tidak diganggu oleh pertanyaan apa pun.”

Franz Beckenbauer salah satu dari sembilan pemain yang memenangkan Piala Dunia FIFA, Liga Champions UEFA, dan Ballon d'Or.

Dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Eropa Tahun Ini, Beckenbauer tampil 103 kali untuk Jerman Barat dan bermain di tiga Piala Dunia FIFA dan dua Kejuaraan Eropa UEFA. 

Dia adalah salah satu dari tiga orang, bersama dengan Mário Zagallo dari Brasil dan Didier Deschamps dari Prancis, yang memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan sebagai manajer; ia mengangkat trofi Piala Dunia FIFA sebagai kapten pada tahun 1974, dan mengulangi prestasi tersebut sebagai manajer pada tahun 1990.

Ia adalah kapten pertama yang mengangkat Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa di tingkat internasional dan Piala Eropa di tingkat klub. 

Dia masuk dalam Tim Dunia Abad ke-20 pada tahun 1998, Tim Impian Piala Dunia FIFA pada tahun 2002, Tim Impian Ballon d'Or pada tahun 2020, dan pada tahun 2004 terdaftar dalam FIFA 100 pemain terbaik dunia yang masih hidup. 

Di level klub bersama Bayern München, Beckenbauer memenangkan Piala Winners Eropa pada tahun 1967 dan tiga Liga Champions UEFA berturut-turut dari tahun 1974 hingga 1976.

Prestasi terakhir membuatnya menjadi pemain pertama yang memenangkan tiga Piala Eropa sebagai kapten klubnya. 

Dia menjadi manajer tim dan kemudian presiden Bayern München. 

Setelah dua mantra dengan New York Cosmos dia dilantik ke US National Soccer Hall of Fame.

Beckenbauer memimpin tawaran sukses Jerman untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2006 dan memimpin panitia penyelenggara. 

Ia bekerja sebagai pandit untuk Sky Germany, dan selama 34 tahun sebagai kolumnis untuk tabloid Bild, keduanya hingga 2016. 

Pada Agustus 2016, diumumkan bahwa Beckenbauer sedang diselidiki karena penipuan dan pencucian uang sebagai bagian dari Piala Dunia FIFA 2006.

Investigasi ditutup tanpa putusan pada tahun 2020 karena undang-undang pembatasan telah berakhir. (nt/ful)

Lebih baru Lebih lama