Trending

Minimalisir Banjir, Pemkab Balangan Gelar Aksi Bersih-bersih



WAWANCARA: Bupati Balangan Abdul Hadi saat wawancara - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Dalam upaya mengantisipasi potensi banjir akibat tingginya endapan di saluran air, Pemerintah Kabupaten Balangan di bawah kepemimpinan Bupati H Abdul Hadi bersama-sama dengan Polres Balangan, Kodim 1001 HSU-BALANGAN, dan PT Adaro Indonesia, melaksanakan Jumat Bersih di area Pasar Paringin dan sekitar lapangan sepakbola Marthasura Paringin hari jamat (19/1/2024).

BACA JUGA: Tim Pembina Samsat Batulicin Sosialisasi Taat Pajak di Kelurahan Kampung Baru


"Selokan yang sudah mulai tinggi endapannya dapat menyebabkan meluapnya air ke jalan saat hujan. Hari ini, kita membersihkannya agar aliran air lancar di drainase yang endapannya tinggi," ujarnya.


Sementara Kapolres Balangan, yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Muhammad Irfan, menyambut positif kegiatan yang diinisiatif oleh Pemda Balangan. 

"Oleh karena itu Polres Balangan menurunkan beberapa personel untuk bersama-sama menormalisasi parit-parit yang tersumbat oleh lumpur dan endapan, yang dapat menyebabkan banjir saat hujan," tambahnya.

BACA JUGA: DPRD Balangan Mengesahkan 17 Raperda Propemperda 2024

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan mitigasi bencana yang terkoordinasi antara pemerintah daerah, kepolisian, dan pihak swasta. Bupati H Abdul Hadi menegaskan bahwa kegiatan Jumat Bersih dapat dilakukan kembali jika diperlukan di masa mendatang, dengan fokus membersihkan selokan drainase dan area terdampak.

"Semoga kegiatan ini dapat membantu mengurangi risiko banjir dan meningkatkan ketahanan lingkungan di Kabupaten Balangan,"pungkasnya. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama