Trending

Sebanyak 242 Usulan Dibahas saat Musrenbang RKPD Kecamatan Lampihong 2024

 

WAWANCARA: Camat Lampihong M Arsyad saat wawancara - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2024 di Kecamatan Lampihong, Senin (29/1/2024), menarik perhatian dengan partisipasi aktif 242 usulan dari seluruh desa se-Kecamatan Lampihong. 

Acara ini dihadiri oleh, Camat Lampihong M Arsyad, Kepala Bappeda Balangan Rakhmadi Yusni, Kapolsek Lampihong, Danramil Lampihong, dan Ketua Komisi III DPRD Balangan, Hafiz Ansari. Seluruh kepala desa sekecamatan Lampihong.

BACA JUGA: Anggota DPRD Balangan, Sri Huriyati Hadi Turut Sukseskan FFD

Saat wawancara Muhammad Arsyad menyampaikan, bahwa seluruh usulan dari desa-desa telah mendapatkan tanggapan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. 


"Alhamdulillah, lebih dari 90% usulan ini akan diakomodir oleh SKPD yang bersangkutan," ucapnya.


Ia juga memberikan ulasan terhadap usulan Musrenbang sebelumnya terkait pembangunan Gedung Remaja yang belum terealisasi selama beberapa tahun. 

"Semoga tahun ini dapat direalisasikan, karena merupakan dambaan bagi forum anak daerah di Kecamatan Lampihong," harapnya.

Camat Arsyad berharap Musrenbang ini dapat membantu mengurangi tingginya angka kemiskinan ekstrim dan stunting di Kecamatan Lampihong. Selain itu, ia menyoroti pentingnya mengakomodir usulan dari seluruh kepala desa.

BACA JUGA: Lintasi Jalan Rusak Saat Blusukan, Caleg PDIP Samosir Janji Segera Lakukan Perbaikan

Kepala Bappeda Balangan Rakhmadi Yusni menyatakan kegembiraannya atas usulan-usulan yang diajukan oleh seluruh Kecamatan, menyebutnya sebagai usulan yang baik. Namun, ia menjelaskan bahwa Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah bagian dari mekanisme yang lebih besar, dengan langkah selanjutnya melibatkan Forum Konsultasi Publik yang menghadirkan seluruh SKPD.

"Forum ini akan menyampaikan usulan-usulan dari Musrenbang kecamatan ke Musrenbang kabupaten, dan dari sana usulan tersebut akan menjadi bagian dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," tambahnya. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama