Trending

Sekretaris DPRD Jadi Narsum Seminar HUT IGTKI

SEMINARSekretaris DPRD Kabupaten Balangan, H Tamrin menyampaikan materi - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Sekretaris DPRD Kabupaten Balangan, H Tamrin sebagai Pembina Yayasan Al Tamar Balangan menjadi pemateri dalam kegiatan Seminar Public Speaking, Minggu (21/1/2024).

Seminar dilaksanakan di TK Pembina Paringin ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Balangan. Diikuti oleh seluruh pengurus IGTKI dan guru TK se-Kabupaten Balangan.

BACA JUGA: Wakil l DPRD Balangan Ifdali Menggelar Reses

H Tamrin mengatakan kemampuan public speaking ini penting untuk dikuasai oleh orang, apalagi yang berprofesi sebagai pengajar. Karena menurutnya, tujuan paling mendasar dari public speaking adalah untuk menyampaikan informasi.


“Jenis informasi yang diberikan juga cukup beragam, mulai dari ilmu pengetahuan, berita terkini, hingga pengumuman layaknya hasil penelitian gerakan sosial,” ujarnya.


Secara umum, lanjutnya, public speaking adalah sebuah seni berkomunikasi yang dilakukan secara lisan untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan dan pendapat yang bertujuan menginformasikan, menghibur, mempengaruhi dan dilakukan didepan audiens dengan metode dan struktur tertentu.

BACA JUGA: Jelang Pemilu, Bakesbangpol Balangan Sosialisasi Pemilih Pemula di SMAN 2 Halong

H Tamrin juga memaparkan tips meningkatkan kemampuan public speaking yang baik, di antaranya yaitu berbicara apa yang anda tahu, perbanyak membaca buku, berlatih berbicara pada dirimu sendiri, belajar dari orang lain, dan berbicara dengan percaya diri.

“Di akhir kegiatan peserta juga kami berikan praktik langsung public speaking, mudah-mudahan melalui kegiatan ini pengurus IGTKI dan guru TK di Balangan mampu meningkatkan kemampuan public speakingnya,” pungkasnya. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama