Trending

Songsong Pemilu, Bakesbangpol Balangan Sosialisasikan Pemilih Pemula SMAN 2 Halong

SOSIALISASI: Bakesbangpol Balangan menggelar sosialisasi Pemilu kepada pemilih pemula - Foto Dok 


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Ratusan pelajar kelas 11 dan 12 dari SMA Negeri 2 Halong, Desa Urien, Kabupaten Balangan, aktif mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi Pemilu Serentak 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BAKESBANGPOL) Kabupaten Balangan, bertempat di aula SMAN 2 Halong, Selasa (23/1/2024).

Sebagai narasumber, Anggota Bawaslu Koordinator Pelanggaran Pemilu, Mizwar Ilhami, dan Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Wahyudi M. I. Kom., memberikan pemahaman mendalam kepada siswa-siswi SLTA sederajat tentang proses pemilihan umum.

BACA JUGA: Ketua Dewan Komisioner OJK Kunjungi Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Binaan Bank Kalsel

Dalam sambutannya, Kepala BAKESBANGPOL Kabupaten Balangan, H. Syaifuddin Tailah, S.Pd.MM, menyampaikan rasa syukur atas kehadiran para pelajar dalam acara sosialisasi dan simulasi tersebut. 

Ia menjelaskan bahwa BAKESBANGPOL memiliki tanggung jawab pemetaan zona konflik di wilayah Kabupaten Balangan. Tim penanganan konflik sosial, kewaspadaan dini pemerintah daerah, tim Poskumin, tim pengawasan orang asing, dan tim Kader Pelopor merupakan beberapa komponen yang turut terlibat.


"Saya sebagai kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Kabupaten Balangan hadir untuk membuka acara sosialisasi ini. Kami mensosialisasikan pemilihan umum kepada pemilih pemula siswa dan siswi SMA Negeri 2 Halong agar mereka memahami dan dapat berpartisipasi dalam Pilkada Serentak Tahun 2024 yang akan datang," ujar H. Syaifuddin Tailah.


Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda BAKESBANGPOL untuk memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten Balangan. Tujuan utama adalah agar pesta demokrasi yang dilaksanakan oleh KPU berjalan lancar, terutama di kalangan siswa-siswi SLTA Sederajat di wilayah tersebut.

"Sosialisasi pemilu tahun 2024 yang disampaikan oleh Komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Balangan diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik kepada pemilih pemula, terutama mereka yang berada di lingkungan sekolah-sekolah. Semoga kegiatan ini dapat berkontribusi positif untuk menciptakan pemilu yang transparan dan partisipatif di masa depan,"harapnya. 

BACA JUGA: Wakil l DPRD Balangan Ifdali Menggelar Reses

Sebagai informasi turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain, Danramil 12-Halong yang diwakili oleh Sersan Dua Baihaqi, Kapolsek Halong yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Polsek Halong, Briptu Bayu Arisman, dan Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Halong di desa Urien Kabupaten Balangan yang diwakili oleh Ibu Nurul Hidayati. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama