Trending

Warung Hingga BBM Gratis, Paman Birin Instruksikan Bergerak Bersama Melayani Jamaah Abah Guru Sekumpul

GRATIS - Pemberian BBM gratis untuk jemaah haul ke-19 Guru Sekumpul oleh Pemprov Kalsel.jpg

BANUATODAY.COM, MARTAPURA  - Pemerintah Provinsi Kalsel menyiapkan berbagai titik warung gratis hingga BBM gratis melayani jamaah Abah Guru Sekumpul sejak Minggu pagi (14/1).

Warung dan BBM gratis ini sebagaimana arahan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin dilakukan oleh seluruh instansi lingkup Pemprov Kalsel.

Sebarannya, mulai dari Banjarmasin, Jalan A. Yani dan Jalan Trikora Banjarbaru hingga arah Martapura.

Warung gratis tersebut menyediakan makanan, mulai dari snack, nasi, hingga BBM gratis bagi para jamaah pengguna roda dua.

Seperti di kediaman Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin di kawasan Telok Selong, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar yang menyediakan BBM Pertalite gratis kepada para jamaah yang melintas menuju ke kawasan Sekumpul.

Dirumah Paman Birin itu setidaknya dibagikan sebanyak 2.000 liter lebih Pertalite gratis kepada jamaah pengendara sepeda motor. 

Selain itu, juga dibagikan aneka makanan kepada para jamaah saat berangkat hingga malam hari arah pulang jamaah.

Rest area dan makan gratis juga disiapkan oleh BPSDM Kalsel di kawasan Jalan Panglima Batur Banjarbaru.

Semua pengendara baik roda dua maupun mobil pun diarahkan masuk ke halaman kantor BPSDM yang didalamnya sudah disiapkan aneka makanan hingga minuman.

Kepala BPSDMD Kalsel Mujiyat pun menyampaikan, pihaknya merasa bersyukur bisa melayani para jamaah Abah Guru Sekumpul yang melintas di Jalan Panglima Batur menuju Sekumpul.

Pembagian BBM dan Snack gratis juga dilakukan Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel di kawasan sekitar Bundaran Palm Trikora Banjarbaru.

“Satu motor jatahnya 1 liter, kita bagikan secara merata agar jamaah kebagian semuanya. Mudah-mudahan bermanfaat, dan kita semua mendapatkan berkah Abah Guru Sekumpul,” ujar Marisa salah satu relawan dari Biro Adpim.

Tampak para pengendara roda dua yang datang dari arah Liang Anggang rela antri untuk mendapat BBM gratis maupun snack.

Sementara para relawan, dengan senang menuangkan bensin ke setiap sepeda motor yang berhenti.

“Alhamdulillah, terimakasih BBM gratisnya,” kata Budiansyah, warga Tanah Laut yang melintas kawasan itu.

Risya Adhani, relawan dari Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Prov Kalsel juga mengaku senang bisa melayani para jamaah yang datang dari berbagai daerah.

“Alhamdulillah kami senang bisa menyambut jamaah haul dengan beberapa hidangan. Disdik menyediakan nasi, roti, gorengan, es cream, bakso, pentol, pop mie, kopi, teh, air mineral, kue bolu kukus Agus Sasirangan,” ujar Icha sapaan akrabnya.

Tahun ini, jamaah yang hadir diperkirakan lebih banyak ketimbang haul tahun lalu.Terlihat sejak Minggu (14/1) pagi hingga sore, kawasan jalan A Yani dari arah Banjarbaru menuju Martapura dipenuhi oleh pejalan kaki maupun kendaraan.

Masyarakat Kalimantan Selatan dari berbagai organsiasi dan kelompok, beramai-ramai memberikan pelayanan atau posko untuk para jemaah yang hadir.

Posko atau tenda-tenda relawan dapat ditemui sepanjang jalan, bahkan posko jalur sungai pun ada dimana-mana, menyediakan makanan, minuman, tempat istirahat (rest area), hingga pelayanan kesehatan dan lain sebagainya.

Fauzan (50), adalah salah satu contoh dari jamaah yang hadir pada haul tahun ini. Ia datang dari Kota Tua Jakarta Barat menggunakan sepedanya selama 12 hari.

“Tahun lalu juga menggunakan sepeda, Alhamdulillah sekarang bisa hadir lagi,” ucap Fauzan saat diwawancara.

Ia mengaku begitu kagum dengan masyarakat Banjar yang sangat antusias menyambut haul Abah Guru Sekumpul.

“Bahkan saat turun dari kapal di Trisakti, disana sudah ada relawan menyediakan tumpangan menuju kesini (Sekumpul-red). Sepanjang jalan, orang-orang menawari makanan dan minuman,” tambahnya.(adp/niz)

Lebih baru Lebih lama