Trending

Wali Kota Banjarmasin Minta ASN Berkolaborasi untuk Penguatan SAKIP

SAKIP - Pemko Banjarmasin melaksanakan kegiatan Penguatan SAKIP. (pemko banjarmasin)


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Sebagai wujud monitoring dan evaluasi kinerja, Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Bagian Organisasi menggelar Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di lingkup pemerintah kota Banjarmasin, terpusat di G'Sign Hotel Banjarmasin, Sabtu (24/02/2024).

Kegiatan dibuka oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan turut dihadiri Kepala Biro Organisasi Pemprov Kalimantan Selatan, Galuh Tantri Narindra, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman beserta seluruh Kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat se- Kota Banjarmasin masing masing didampingi Sekretaris dan staf terkait.

Terselenggaranya pertemuan tersebut dalam rangka tindaklanjut mengenai rekomendasi Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau AKIP Tahun 2023 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Republik Indonesia terhadap implementasi SAKIP Pemko Banjarmasin.

Hal ini disampaikan langsung oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II (Kemenpan RB), Bapak Budi Prawira, SE, MM pada pertemuan itu sekaligus juga memberi sedikit arahan dan forum diskusi terbuka bersama para peserta.

Adapun Banjarmasin sendiri berhasil menaikkan nilai SAKIP sebesar 1,53 dari yang semula 71,20 (2022) menjadi 72,73 di tahun 2023 atau berpredikat “BB”.

"Selama ini kekuatan kita itu di Kasubag Perencanaan di SKPD, jangan hanya diminta untuk mengusulkan kegiatan sama anggaran tetapi tidak ada arahan dari kepala OPD dengan Kabid Teknis yang ada di lapangan," ujarnya.

Sementara, Wali Kota Ibnu Sina meminta seluruh jajarannya untuk menanamkan semangat kolaborasi dan kerja sama dalam memberikan pelayanan.

"Kita tanamkan semangat kolaborasi dan mendorong penerapan nilai-nilai inti ASN berakhlak, seperti berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif," kata Wali Kota.

Dalam kesempatan itu juga, Sekdako Ikhsan Budiman meminta seluruh SKPD Pemko Banjarmasin menyatukan langkah mendorong target capaian SAKIP Kota Banjarmasin berpredikat “A”.

"Ini akan menjadi kado di akhir kepemimpinan Ibnu Sina-Arifin.

Terutama instansi atau SKPD yang melakukan pelayanan langsung ke masyarakat. Disampaikan tadi misalkan rumah sakit, puskesmas, kecamatan atau beberapa SKPD yang memang melakukan pelayanan langsung ke masyarakat,” paparnya. 

Kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan apresiasi atas Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik dan apresiasi Reformasi Birokrasi (RB), meliputi :

• Kepatuhan Pelayanan Publik

1. Dinas Sosial (94,18)

2. DPMPTSP (93,36)

3. Disdukcapil (92,06)

4. Puskesmas Kayu Tangi (91,21)

5. Puskesmas Cempaka (87,69)

6. Dinas Pendidikan (69,59)

• Reformasi Birokrasi

1. Diskominfotik

2. Bagian PBJ

3. BPKPAD

4. Inspektorat. (pem/fzl)


Lebih baru Lebih lama