Trending

Wow dari Hobi Tanam Anggrek Bisa Menghasilkan Cuan

STABIL - Harga anggrek yang selalu stabil menjadi peluang usaha yang bisa dikembangkan 

BANUATODAY.COM,BANJARMASIN - Anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang harganya selalu stabil dari tahun ke tahun, hal ini membuat pasar anggrek tetap mempunyai peluang besar di masyarakat.

Diungkapkan Hj Arinda Dian ketua PAI Kalsel dan ketua komtap pertanian Iwapi Banjarmasin, Anggrek bisa menjadi hobi yang menghasilkan cuan.

"Banyak pebisnis anggrek berawal dari hobi memelihara anggrek dan akhirnya berkembang menjadi usaha yang sangat menjanjikan," ucapnya disela kegiatan pelatihan penanaman anggrek bersama DPC Iwapi Banjarmasin, Kamis (01/02).

Dijelaskan Dian, bisnis anggrek tidak sekedar bisnis tanaman hias, tapi anggrek bisa juga direntalkan dan bisa jua menjadi beragam bahan baku, terutama untuk kosmetik kecantikan.

"Jadi sekarang ini perkembangan bisnis anggrek sudah semakin luas, kalau dulu sekedar di perjual belikan, sekarang bisa dikembangkan untuk beragam keperluan, termasuk bahan kosmetik," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Hj Aida Muslimah Ketua DPC Iwapi Kota Banjarmasin, hingga sekarang harga anggrek dari dulu tidak pernah berfluktuasi dan sangat stabil.

"Beda dengan tanaman hias lainnya, yang dulu harganya jutaan rupiah sekarang malah tidak ada harganya seperti gelombang cinta, kalau anggrek harga tidak pernah turun dan selalu stabil,"imbuhnya.(Naz/fsl)



 

Lebih baru Lebih lama