Trending

Mortir Sisa Zaman Perang Meledak di Mako Brimob Polda Jatim 2 Orang Dilarikan ke RS, Kantor dan 1 Mobil Hancur

LEDAKAN - Suasana sekitar lokasi Mako Brimob setelah terjadinya ledakan, Senin (04/03/2024). (kompas tv)

BANUATODAY.COM, SURABAYA - Ledakan cukup kuat terjadi di Mako Brimob Polda Jawa Timur Jalan Gresik nomor 39, Krembangan, Surabaya, pada Senin, 4 Maret 2024.

Informasi awal menyebutkan ledakan berasal dari bahan peledak yang tersimpan di dalam Mako Brimob. Bahan peledak ini sesuai rencana memang akan dimusnahkan.

Namun belum sempat dimusnahkan dengan cara diledakan, sejumlah bahan peledak ini justru meledak lebih dulu pada pukul 10.43 WIB.

Beredar kabar, yang meledak adalah mortir sisa perang.

Terkait kejadian ini, ada satu korban telah dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara. Polisi juga melakukan penutupan dan sterilisasi di Jalan Gresik.

Sejumlah ruangan kantor dan satu mobil hancur. “Bahwa hari ini 4 Maret pukul 10.19 WIB di kantor Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim terjadi ledakan,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto.

Dia menjelaskan ledakan diduga berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan (disposal). 

"Kebetulan di Jibom Gegana Polda Jatim belum memiliki gudang yang standar. Jadi sisa bahan peledak disimpan di sebelah kantor Subden Gegana, pagi tadi meledak," terang Imam. 

Kapolda mengatakan ledakan tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, ada kerugian materil, seperti mobil dan kantor hancur. 

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, kerugian materil kantor dan satu mobil D-Max yang berisi perlengkapan penjinak bom,” kata dia. (nt/fzl)

Lebih baru Lebih lama