Trending

Peletakkan Batu Pertama Gedung Baru Kampus ITSM Balangan, Ketua Yayasan: Proses Transformasi Menuju Universitas

BATU PERTAMA: Proses peletakkan batu pertama pembangunan gedung baru - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN – Institut Teknologi Sapta Mandiri (ITSM) menggelar acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru di Jalan A Yani KM 7, Kelurahan Batu Piring, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Jumat (8/3/2024).

Terletak di lokasi yang strategis, yakni bersebelahan dengan pembangunan kantor Kodim 1001 HSU-Balangan, lokasi kampus baru ini menandakan langkah penting dalam pengembangan institusi pendidikan ITSM di Bumi Sanggam.

BACA JUGA: Usai Antarkan MRK ke Senayan, Ketua Timses: Selanjutnya Gubernur Kalsel 2024

Ketua Yayasan Sapta Bakti Pendidikan  (YSBP), Slametno, menyatakan bahwa inisiatif pembangunan kampus baru ini merupakan bagian dari program jangka pendek dan panjang yayasan untuk mengembangkan layanan pendidikan ITSM secara menyeluruh.

"Dengan jumlah mahasiswa yang terus meningkat, diperkirakan ITSM akan menerima lebih dari 1000 mahasiswa di tahun ketiga. Oleh karena itu, kehadiran gedung kampus baru menjadi penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kapasitas yang semakin bertambah di Balangan," ujar Slametno.

Lebih lanjut, Slametno menyebutkan bahwa yayasan telah mengalokasikan lahan seluas 5000 meter persegi untuk tahap pertama pembangunan. Bahkan, rencana perluasan telah disusun dengan mempertimbangkan lahan tambahan sebesar 3500 meter persegi di bagian belakang dan sedang dalam proses perundingan untuk perluasan lahan di sisi lain jalan dengan ukuran dua hektar.

"Dengan proyeksi penyelesaian pembangunan tahap pertama sekitar bulan Agustus, diharapkan gedung kampus baru sudah dapat digunakan pada bulan September untuk kegiatan akademik mahasiswa," papar Slametno.

Selain itu, Slametno menjelaskan bahwa ITSM tengah bertransformasi dari institut menjadi universitas dengan langkah-langkah strategis yang telah disiapkan.

"Penggabungan institut ke universitas merupakan langkah yang sedang diupayakan dengan berkoordinasi dengan tim konsultan. Rencana pengajuan izin untuk perubahan status institut ke universitas sedang diproses, dengan menggabungkan dua perguruan tinggi yang telah diakuisisi. Salah satunya adalah Akademi Gizi di Singkawang yang akan bersatu dengan ITSM, membentuk Universitas Sapta Mandiri,” jelas Slametno.

BACA JUGA: Memasuki Ramadhan 2024, Hiswana Migas Kalsel Pastikan Stok BBM dan Elpiji Aman

Selaras dengan proses transformasi ini, ITSM akan menambahkan sejumlah fakultas baru, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kesehatan, serta menawarkan beragam program studi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Balangan.

"Dengan program-program studi seperti S1 Manajemen, S1 Hukum, Teknik Sipil, D3 Gizi, dan S1 PGSD, ITSM akan terus memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Balangan dan memperluas akses pendidikan bagi masyarakat," tutup Slametno. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama