Trending

Wali Kota dan Wawali Banjarmasin Berbaur Bersama Lautan Manusia Khusyuk Ikuti Haul Ke-4 Guru Zuhdi

KUBAH - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina didampingi Wakil Wali Kota H Arifin Noor mengikuti haul di kubah Guru Zuhdi.(prokom banjarmasin)


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota, H Arifin Noor menghadiri Puncak Peringatan Haul Ke-4 KH. Ahmad Zuhdiannor atau semasa hidupnya kerap disapa dengan sebutan Guru Zuhdi, bertempat di Kubah Kawasan Kompleks Belakang Masjid Jami Banjarmasin, pada Kamis (7/3) Malam.

Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, puncak peringatan yang biasanya digelar setiap tanggal 9 Ramadhan, tanggal di mana ulama Banjar karismatik tersebut menghembuskan nafas terakhirnya 4 tahun silam. 

Kini dimajukan lebih awal pada 26 Sya'ban 1445 H atau 7 Maret 2024 atas permintaan ahli waris dan keluarga.

Antusiasme jamaah terlihat sejak sore hari di berbagai titik lokasi yang telah disiapkan. Bahkan, sejak satu hari sebelumnya, terpantau posko-posko kesehatan dan makanan pun telah didirikan oleh warga setempat maupun relawan.

Hingga pada sekitar pukul 10 malam, usai rangkaian acara berakhir, fenomena menarik terlihat di sejumlah titik ketika para jamaah bersama-sama petugas kebersihan, relawan, maupun panitia sigap bergotong royong untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan sekaligus memastikan pelaksanaan haul kali ini berjalan dengan khusyuk dan lancar.

Selama hidupnya ulama yang dikenal kharismatik tersebut kerap mengisi beberapa pengajian rutin seperti, Masjid Jami Banjarmasin, Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan lainnya.

Pembawaannya yang santun dan kerap diiringi candaan membuat setiap pengajian beliau selalu dipadati para jamaah. Bahkan hingga ketika almarhum wafat, ribuan jamaah turut mengantarkan jenazah sang Guru. (pem/fzl)


Lebih baru Lebih lama