Trending

AWAS! Nonbar Piala Asia U-23 Tanpa Izin MNC Bisa Dipidana

 

TIMNAS - Timmas U-23 berhasil lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Korea Selatan. (dokumen)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Pertandingan sepak bola memang selalu menjadi magnet bagi masyarakat Indonesia, terutama saat Timnas bertanding.

Tak heran saat Timnas Indonesia berlaga sering digelar nonton bareng (nonbar), seperti dalam Piala Asia U-23.

Namun, dalam pelaksanaan nonbar ternyata tidak boleh sembarangan.

MNC selaku pemegang tunggal hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster dari Piala Asia U-23 2024, menegaskan beberapa larangan penggunaan atribut seperti logo hingga penyelenggaraan acara offline yang terkait dengan Piala Asia U-23 2024 atau AFC U-23 Asian Cup 2024.

Seperti dikutip dari laman RCTI+, MNC Group pada Sabtu (27/4/2024) menegaskan dua hal penting selaku pemegang tunggal hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster dari Piala Asia U-23 2024

MNC Group sebagai pemengang hak eksklusif, dengan ini menyatakan hal sebagai berikut:

1. Bahwa MNC Group adalah satu-satunya pemegang hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster dari AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.

2. Bahwa hanya MNC Group dan/atau Asian Football Confederation (AFC) yang mempunyai hak untuk menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang/logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, trophy AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka Tanpa Persetujuan dari MNC Group, kepada pihak manapun juga dilarang:

1. Menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang dan logo bersama dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, nama kompetisi, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024.

2. Menyiarkan dan/atau meredistribusikan siaran AFC U-23 Asian Cup 2024.

3. Memproduksi dan/atau mengadakan kegiatan, termasuk program acara, kompetisi dan/atau promosi dalam bentuk apapun dan melalui media apapun, seperti program undian, SMS, kuis, games, polling, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan AFC U-23 Asian Cup 2024.

4. menggunakan clip maupun copy dari semua penayangan pertandingan AFC U-23 Asian Cup 2024, baik secara langsung (live) maupun siaran ulang (re-run).

5. Membuat berita atau artikel dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024, (Competition Marks dan Competition Names) yang dalam format/lay-out yang memberi kesan didukung, dipersembahkan atau disponsori oleh sponsor-sponsor selain sponsor resmi AFC di wilayah negera Republik Indonesiq.

6. Menyelenggarakan kegiatan on air, off air termasuk nonton bareng.

7. Promo media cetak, digital media, billboard dengan asosiasi iklan.

Pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. (nt/sun)

Lebih baru Lebih lama