Trending

Catat Kinerja Positif, ANTAM Bagikan Dividen 100% pada RUPS Tahun 2023

Gedung Antam. (DOK. Antam)

BANUATDAY.COM, JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), sebagai bagian dari PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID) - BUMN Holding Industri Pertambangan, terus menunjukkan kinerja positifnya dalam mendukung pengembangan industri tambang dan memberikan kontribusi signifikan kepada negara.

Capaian ini tercermin dari pencapaian ANTAM sepanjang periode tahun 2023 (FY23).

Dimana perusahaan berhasil mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp41,05 triliun, dengan penjualan bersih domestik menyumbang sebesar Rp35,37 triliun atau setara 86% dari total penjualan bersih periode FY23.

Perusahaan juga aktif memperkuat basis pelanggan domestik pada produk-produk emas, bijih nikel, dan bijih bauksit.

Produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan ANTAM pada FY23, dengan nilai penjualan mencapai Rp26,12 triliun atau 64% dari total penjualan.

ANTAM mencatatkan total volume produksi logam emas sebesar 1,21 ton dan penjualan logam emas sebesar 26,13 ton pada FY23.

Nico Kanter, Direktur Utama ANTAM, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemegang saham, khususnya MIND ID, atas dukungan mereka dalam mencapai kinerja positif ini.

"ANTAM senantiasa konsisten dalam memperkuat lini operasional dengan tetap mengimplementasikan prinsip kaidah good mining practice dan operation excellence.

"Pada penyelenggaraan RUPS Tahunan ini, Perusahaan juga melakukan pembagian dividen sebagai komitmen dan memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder.

"ANTAM berkomitmen tetap membukukan kinerja positif secara berkelanjutan ke depannya," papar Nico melalui pers rilis, Kamis (9/5/2024).

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 ANTAM telah diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta pada Rabu (8/5/2024) kemarin.

Dalam rapat ini, pemegang saham menyetujui penggunaan laba bersih Tahun Buku 2023 untuk pembagian dividen sebesar Rp3,08 triliun kepada Pemilik Entitas Induk Perusahaan.

Selain itu, para pemegang saham juga menyetujui usulan MIND ID terkait Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

Dalam RUPST ini, Ibu Elisabeth RT Siahaan telah diberhentikan dari jabatannya sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, dan Bapak Arianto Sabtonugroho diangkat sebagai penggantinya.

Dengan demikian, susunan pengurus Perseroan saat ini adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: F.X. Sutijastoto

Komisaris Independen: Gumilar Rusliwa Somantri

Komisaris Independen: Anang Sri Kusuwardono

Komisaris: Bambang Sunarwibowo

Komisaris: Dilo Seno Widagdo

Direksi:

Direktur Utama: Nicolas D. Kanter

Direktur Operasi dan Produksi: Hartono

Direktur Pengembangan Usaha: I Dewa Bagus Wirantaya

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Arianto Sabtonugroho

Direktur Sumber Daya Manusia: Achmad Ardianto

Dengan susunan pengurus yang baru, ANTAM siap melanjutkan komitmennya untuk mencapai kinerja positif dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi industri tambang dan negara. (bis/sun)

Lebih baru Lebih lama