Trending

Pagi Ini, Gubernur Sahbirin Noor Akan Lepas Kloter Pertama Jemaah Haji Kalsel

KEPALA Kanwil Kemenag Kalsel Muhammad Tambrin menyampaikan keterangan pers.jpg

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Pagi ini kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Kalimantan selatan akan diberangkatkan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Muhammad Tambrin mengatakan Kloter I jemaah haji akan dilepas oleh Gubernur Kalsel.

Kakanwil Kemenag Kalsel menjelaskan beberapa poin saat pemberangkatan Jemaah Haji kelompok terbang (kloter) I Embarkasi Banjarmasin, di gedung Jabal Rahmah Asrama Haji Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu (11/05/2024).

“Ada beberapa poin yang menjadi perhatian dan perlu diketahui bersama terkait dengan kesuksesan dalam melayani tamu Allah, yang mana tahun ini kita menggaris bawahi jika pelayanan ini mengutamakan atas ramah lansia,” ujar Muhammad Tambrin yang juga selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Tahun 1445 H / 2024 M.

Ia sampaikan jika operasional PPIH didasari dengan Hukum Penyelenggaraan Ibadah Haji mengacu pada Undang Undang No 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah dan Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler.

Memiliki tujuan penyelenggaraan ibadah haji menurut Undang-Undang No 8 Tahun 2019 adalah pembinaan, pelayanan dan perlindungan, serta mewujudkan kemandirian dan ketahanan dalam jemaah haji dalam Penyelenggaraan.

Tagline penyelenggaraan tahun ini adalah ‘Haji Ramah Lansia’, layanan haji ramah lansia dimulai dari tanah air pada waktu pelaksanaan manasik, di Embarkasi, di pesawat dan pada saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nantinya, jemaah haji selama selama berada di Embarkasi mendapatkan 3 kali makan dan dua kali snack.

Untuk konsumsi selama berada di Arab Saudi 3 kali sehari dengan total 127 kali makan dengan rincian di Mekkah 84 kali, Madinah 27 kali dan di Masyair 15 kali makan dan 1 kali snack, kemudian jemaah haji mendapatkan living cost sebesar 750 riyal atau sekitar Rp3.375,000.

“Jemaah haji yang diterbangkan dari Embarkasi Banjarmasin berjumlah 5,759 dengan rincian jemaah Prov Kalsel berjumlah 4.071 dan 1.688 jemaah dari Kalimantan Tengah, Embarkasi Banjarmasin berjumlah 19 kloter dengan rincian 13 kloter jemaah Kalsel dan 5 kloter dari Kalteng, dan 1 kloter gabungan dengan jemaah dari Medan,” lanjutnya.

Tambrin dengan detail menyebutkan jumlah jemaah dalam satu kloter berjumlah 320 dengan rincian 315 jemaah haji dan 5 untuk petugas kloter yang terdiri dari 1 Ketua Kloter, 1 Pembimbing Ibadah dan 3 Petugas dari Tenaga Kesehatan (1 dokter dan dibantu 2 perawat) dan Petugas Kloter juga dibantu oleh Petugas Haji Daerah (PHD).

Kloter pertama berasal dari Kabupaten Banjar dan diberangkatkan / Take Off pada tanggal 12 Mei 2024 pukul 8.40 WITA dan akan dilepas oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Adapun terkait keadaan dari jemaah haji disebutkan jika jemaah haji tertua untuk kloter satu atas nama Yurni Asman umur 87 tahun dan termuda atas nama Muhammad Nasih 19 tahun.

“Atas nama Ketua PPIH Embarkasi mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam proses operasional penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1445 H / 2024 M dan kami juga mohon dukungan dan doa proses keberangkatan dan kepulangan ibadah haji berjalan lancar dan aman,” harap Muhammad Tambrin. (pem/sun)

Lebih baru Lebih lama