Trending

Pembiayaan BSI Tumbuh Dobel Digit, Kepercayaan Investor Asing Meningkat

 

SOLID - BSI mencatat pertumbuhan positif dan performa makin solid di 4 bulan pertama tahun 2024. (Dok. BSI)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan performa yang makin solid di empat bulan pertama awal tahun 2024.

Group Head Investor Relations BSI Rizky Budinanda mengungkapkan, BSI mencatat pertumbuhan laba sebesar 15,05% (YoY) menjadi Rp2,24 triliun (unaudited) per April 2024.

Kinerja positif ini didorong oleh pertumbuhan pembiayaan secara double digit, mencapai 18% (YoY) menjadi Rp251,6 triliun.

Kuatnya performance perusahaan berdampak pada kepercayaan asing yang meningkat terindikasi dari komposisi kepemilikan saham BSI oleh investor asing.

Selain pembiayaan yang tumbuh double digit, BSI juga mencatat peningkatan Fee Based Income yang signifikan sebesar 30% (YoY).

Kenaikan ini terutama didorong oleh transaksi melalui e-channel dan treasury.

Dana Pihak Ketiga (DPK) BSI pun mengalami pertumbuhan sebesar 9,41% menjadi Rp293,25 triliun.

Pertumbuhan ini ditopang oleh peningkatan CASA (Current Accounts, Savings Accounts) yang mencapai 61,21%, khususnya didorong oleh naiknya tabungan wadiah. Hal ini turut menjaga Cost of Fund (CoF) BSI agar stabil secara bulanan.

Di sisi lain pada aspek beban operasional, BSI terlihat turun 0,63% (YoY) dan cost to income ratio membaik ke level 47,51 dibanding posisi bulan Maret 2024.

Kinerja solid tersebut diapresiasi oleh investor asing yang terlihat dari kenaikan harga saham dan market cap yang sempat menembus Rp131 triliun.

Hal ini juga menempatkan BSI masuk dalam jajaran Top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar pada bulan April 2024.

"Kami bersyukur sekarang ini sejalan dengan kinerja perusahaan yang semakin solid dan kegiatan marketing yang kami lakukan kepada investor domestic dan asing terus meningkatkan kepercayaan public," kata Rizky.

Kegiatan tersebut meningkatkan kepercayaan investor terhadap BSI sehingga jumlah investor institusi asing di komposisi kepemilikan saham BSI naik menjadi 53% per posisi April 2024 dibandingkan posisi April 2023 yang sebesar 44,3%. (bis/sun)

Lebih baru Lebih lama