Trending

Pemko Banjarmasin Sosialisasi JKK dan JKM untuk Relawan Damkar

RELAWAN - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama relawan Damkar

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) melaksanakan Sosialisasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) serta Kebijakan Pemadaman Listrik Saat Kebakaran, di Best World Kindai Hotel Banjarmasin.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, turut hadir Kepala Damkar Kota Banjarmasin, Hendro, M.Ap, narasumber dan para relawan BPK dan PMK Kecamatan Banjarmasin Barat, Selasa (28/05).

Adapun kegiatan tersebut digelar bergantian selama 5 hari per Kecamatan. 

Pada kesempatan itu, Walikota Ibnu Sina mengucapkan terimakasih kepada relawan BPK dan PMK yang sudah membantu tugas-tugas Pemerintah Kota dalam rangka membantu masyarakat yang terkena musibah (Kebakaran) selama ini.

Ibnu Sina menegaskan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi yang dilakukan oleh Damkar, PLN dan BPJS dengan meningkatkan pemahaman terkait JKK dan JKM dan kebijakan pemadaman listrik saat kebakaran.

Ibnu Sina berharap, kegiatan pemadaman, khususnya di Kota Banjarmasin dapat lebih baik lagi dari waktu ke waktu serta mengurangi terjadinya kecelakaan kerja bagi para relawan.

"Mudah-mudahan tahun ini jumlah kebakaran berkurang, kemudian juga kami berharap jumlah kecelakaan kerja bisa nol," ujarnya.

Saat ini, kata Ibnu Sina, Pemko Banjarmasin telah memfasilitasi para relawan yang mungkin mengalami musibah kecelakaan pada saat bertugas maka sudah tercover oleh BPJS Ketenagakerjaan dan mendapatkan santunan kematian Rp 42 juta.

"Seandainya terjadi kecelakaan kerja, kalau meninggal dunia maka bapak dan ibu akan mendapatkan santunan Rp 42 juta dibayarkan oleh pemerintah kota," jelas Ibnu Sina.

Adapun relawan yang terdaftar di pemko, sebut Wali Kota, berjumlah 2.500 personel pada tahun 2023 dan 2.500 lagi di tahun 2024.

"Mudah-mudahan tugas relawan yang selama ini dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga diharapkan para relawan semua dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat dengan tetap menjaga keselamatan diri masing-masing," tutup Wali Kota Ibnu Sina. (pem/sun)



Lebih baru Lebih lama