Trending

Pj Bupati Erlin Hardi Hadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wabup Kapuas 2024

PELUNCURAN: Peluncuran Pemilihan Kepala Daerah - Foto Dok 


BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, ST bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs Septedy, M Si, Forkopimda serta lainnya menghadiri acara peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas tahun 2024 di Lapangan Stadion Panunjung Tarung, Jalan Maluku, Kota Kuala Kapuas, Minggu Malam (19/5/2024).

Dalam sambutannya Erlin Hardi mengatakan, berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pilgub dan wagub, serta bupati dan wabup hingga walikota dan wakilnya, telah ditetapkan pemungutan suara serentak nasional di seluruh wilayah negara kesatuan RI pada 27 November 2024.

"Bahwa hari ini, tahapan pilkada serentak yang akan memilih Bupati dan Wabup Kapuas secara resmi akan dimulai," katanya.

Untuk itu menurutnya, dibutuhkan peran serta semua pihak, baik penyelenggara maupun peserta pilkada dalam mentaati seluruh ketentuan dan rambu-rambu yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Terlebih sinergitas yang baik antar seluruh unsur forkopimda, pemerintah daerah, pimpinan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda serta seluruh elemen masyarakat Kapuas dalam mensukseskan pelaksanaan pilkada Kapuas tahun 2024.

"Kegiatan ini bukan hanya sekedar seremonial belaka namun lebih dari itu, ini merupakan tongkat awal untuk mendongkrak semangat partisipasi seluruh elemen terkait dalam upaya menyukseskan seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wabup Kabupaten Kapuas," ucap Pj Bupati Kapuas.

Erlin berharap, peluncuran tahapan pilkada ini dapat menjadi momentum bagi semua pihak, baik sebagai penyelenggara maupun sebagai peserta pilkada untuk membangun konsolidasi dan koordinasi yang harmonis demi mewujudkan pilkada yang demokratis berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Kepada jajaran KPU Kabupaten Kapuas atas suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi bulan februari lalu begitu pun seluruh pihak mulai dari TNI/Polri dan semua pihak yang ikut terlibat, semoga semakin semangat dalam menjalankan setiap tahapan di pemilihan berikutnya. Semoga pilkada tahun 2024 ini berjalan dengan sukses, kondusif, tertib, aman dan lancar untuk bersama-sama kita membangun Kapuas yang semakin baik ke depan," tutur Erlin Hardi sebelum mengakhiri sambutannya.

Sebelumnya Ketua KPU Kapuas, Deden Firmansyah  mengatakan sebagai pimpinan KPU Kabupaten Kapuas  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mensukseskan dan ikut mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 yang kita laksanakan pada 14 Februari yang lalu. Karena keberhasilan Pemilu itu bukanlah keberhasilan KPU semata tetapi keberhasilan kita bersama.

Deden Firmansyah menjelaskan bahwa, kegiatan peluncuran hari ini adalah kegiatan peluncuran untuk pelaksanaan Pilkada yang akan kita laksanakan nanti di tanggal 27 November 2024.

"Kami sangat berharap dukungan dari semua pihak Karena tanpa dukungan baik itu pemerintah daerah aparat keamanan TNI/ Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, Insan pers, serta semua pihak untuk dapat mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada, untuk itu, kami berharap kita tetap menjalin kerjasama dan keterlibatan masyarakat untuk partisipasinya agar Pilkada 2024 terlaksana dengan baik nantinya," ucapnya.

"Tahapan persiapan dengan perencanaan program dan anggaran sudah dilaksanakan. Untuk Kabupaten Kapuas  bulan agustus dimulai dengan tahapan pencalonan dan diikuti dengan tahapan pelaksanaan kampanye di bulan September," tambahnya. (ags/fs)

Lebih baru Lebih lama