Trending

4.480 Jamaah Haji Embarkasi Banjarmasin Telah Diberangkatkan ke Arab Saudi


PELEPASAN - Pemberangkatan jemaah di Embarkasi Haji Banjarmasin.(kemenag)

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.480 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin telah diberangkat ke Arab Saudi sejak diberangkatkanya kelompok terbang (Kloter) BDJ 01 pada tanggal 12 Mei 2024 hingga hari ini Kloter BDJ 14, Kamis (30/05/2024).

Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin di sambutannya saat melepas jamaah haji Kloter BDJ 14 mengatakan jamaah haji Kloter 14 berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan 168 jamaah, Kota Banjarbaru 140 jamaah, Kabupaten Tanah Laut 5 jamaah dan 2 dari Kabupaten Banjar dengan jumlah keseluruhan 315. 

Kloter BDJ 14 disertai dengan 5 Petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah, Dokter dan dua Perawat dan akan dibantu oleh Petugas Haji Daerah (PHD). ”Jumlah jamaah seluruhnya dengan petugas 320, alhamdulillah full seat, dan dinyatakan sehat sehingga bisa diberangkatkan ke Saudi Arabia,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, di Kloter 14 yang memakai kursi roda berjumlah 16 jamaah, ada yang didampingi anak, suami/istri, saudara ada juga yang tanpa pendamping. ”Untuk itu mohon dukungan dan bantuan ketua-ketua regu, ketua-ketua rombongan yang di koordinasikan dengan Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah Haji dan TKHI,” katanya.

Di Kloter 14 lanjut Tambrin jamaah tertua atas nama Hamsah Junaid Ibrahim usia 84 tahun dan jamaah termuda atas nama Nurul Huda Syifa usia 19 tahun keduanya berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jamaah Kloter BDJ 14 akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor tanggal 31 Mei 2024 pukul 02.40 WITA dengan menggunakan pesawat Airbus 340 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8114. Dan direncanakan mendarat di King Abdul Aziz International Airport Jeddah tanggal 31 Mei 2024 pukul 10.55 WAS. ”Dan jamaah haji Kloter BDJ 14 akan mengambil miqat untuk umrah wajib di Airport Jeddah,” katanya. 

Di kesempatan tersebut Tambrin berpesan kepada jamaah haji Kloter BDJ 14 untuk mengikuti anjuran dari TKHI mengingat cuaca saat ini di Arab Saudi sangat panas mencapai 40 sampai 45 derajat celcius. 

”Jangan terlalu memforsir untuk melaksakan ibadah yang sifatnya sunat apalagi melaksanakan tawaf berkali-kali terutama untuk menghadapi puncak haji yaitu Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).” katanya.

Tambrin meminta kepada jamaah haji Kloter BDJ 14 agar peduli serta saling menjaga antar jemaah dan saling tolong menolong, saling menghormati dan saling membantu dan saling memberikan dorongan antar sesama jamaah maupun jamaah. ”Semoga jamaah haji Kloter BDJ 14 berangkat 320 dan kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama,” harapnya. (hum/sun)

Lebih baru Lebih lama