Trending

Pemkab Balangan Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

UPACARAUpacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan - Foto Mcb


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", Pemerintah Kabupaten Balangan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila penuh dengan khidmat dan semangat kebangsaan, Sabtu (1/6/2024).

Peringatan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Balangan dipimpin oleh Inspektur Upacara, Dandim 1001/HSU-Balangan, Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan, diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Unsur Forkopimda, ASN dan non ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Balangan serta para pelajar.

BACA JUGA: Gubernur Kalsel Berharap AMPI Terus Berkontribusi untuk Perkembangan Banua

Dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Dandim 1001/HSU-Balangan, Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan menyampaikan Pancasila adalah simbol pemersatu dari segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Pada upacara ini, Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan juga menekankan kepada seluruh peserta upacara untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan dalam bertindak dan berinteraksi.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ajaknya.

Ia memaknai Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja dan kehadiran serta manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh tumpah darah Indonesia. 

BACA JUGA: Puncak Harjad ke- 21, Ribuan Jemaah Banjiri Balangan Bershalawat Bersama Habib Syech

Mengakhiri pidato tersebut, Letkol Kav Gunantyo Ady Wiryawan mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,"imbuhnya. (mcb/fs)

Lebih baru Lebih lama