Trending

Tekan Angka Pengangguran, Pemprov Kalsel Adakan Program Tenaga Kerja Mandiri di HSS

PERALATAN - Penyerahan peralatan kerja kepada peserta Program Tenaga Kerja Mandiri yang diadakan Disnakertrans Kalsel di Kabupaten HSS. (pemprov kalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Untuk mengurangi angka pengangguran, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu menyelanggarakan Program Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dengan kegiatan keterampilan menjahit di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti menuturkan progam ini salah satu nilai dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat yang ada di kabupaten/kota.

“Kami ingin memberdayakan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang masih dapat dikembangkan sebagai peluang peningkatan aksebilitas masyarakat dan peningkatan perekonomian lokal,” ucapnya, di Banjarmasin, (7/6/2024).

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati melalui Kepala Seksi Perluasan Kesempatan Kerja, Apriliani Dwi Erma Ratih menambahkan Program ini dilakukan kepada masyarakat yang telah memiliki embrio usaha.

“TKM ini diselenggarakan di pondok pesantren Ibnu Mas’ud Putri dengan total peserta 20 orang,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menerangkan, selama kegiatan digelar para peserta diberikan pembekalan serta sosialisasi mengenai pengembangan usaha khususnya di dunia tekstil.

“Di waktu bersamaan kami juga memberikan sarana dan prasarana seperti mesin jahit kepada masyarakat secara berkelompok agar peralatan ini bisa digunakan untuk mengembangkan usaha mereka,” pungkasnya. (adp/sun)

Lebih baru Lebih lama