Trending

Pemda Balangan Salurkan Bantuan Korban Banjir

 

WAWANCARA : Plt  BPBD Balangan H Rahmi - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan kirimkan bantuan logistik korban terdampak banjir di Kecamatan Batumandi, untuk dapur umum Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Dinas Sosial Balangan, Jum'at (19/11/2021).

Plt  BPBD Balangan H Rahmi menyampaikan, tingginya curah hujan yang terjadi pada kemarin malam telah menyebabkan genangan dan luapan air yang cukup tinggi dibeberapa titik di wilayah Kabupaten Balangan.

“Ada sekitar 3 desa yang terdampak, yakni Desa Riwa, Desa Mampari, dan Desa Kaladan, untuk ke desa yang ada di Kecamatan Batumandi ini tinggi genangan airnya sehingga warga perlu diberikan bantuan logistik,” terangnya.

H Rahmi menambahkan, Bantuan ini bekerjasama dengan Dinas Sosial melalui tim Tagana versi BPBD menyiapkan pada pagi hari untuk keperluan dapur umum baru didistribusikan ke warga yang terdampak. 

"kita sudah suplai logistik berupa mie instan telur dan beras, logistik ini harapannya dapat membantu dan meringankan warga yang terdampak, "paparnya. 

Dengan adanya bantuan logistik tersebut, harap H Rahmi, dapat membantu dan meringankan warga yang terdampak rumahnya terendam beberapa saat dan situasi hari ini sudah mulai menurun dari tadi sore warga sudah bisa normal kembali untuk menjalankan aktivitasnya masing-masing.

Pesannya, kepada masyarakat Balangan agar terus waspada karena saat ini sudah memasuki tengah cuaca perubahan musim dari musim kemarau menuju musim hujan.

“Dan sesuai dengan informasi yang disampaikan perkiraan dari BMKG bahwa kita mulai memasuki puncak cuaca dengan curah hujan tinggi itu di bulan Desember dan sampai bulan Februari, pungkasnya 

Ia juga mengingatkan, untuk aparat mulai tingkat pemerintahan kecamatan dan sampai ke tingkat desa untuk siaga berkordinasi dan berkomunikasi kepada BPBD Balangan sebagai koordinasi dalam hal pengendalian dan penanggulangan bencana. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama