Trending

Bappeda Balangan Gelar Ekspose Masterplan Tata Kota Paringin

EKSPOSE: Bappeda Balangan menggandeng Universitas Brawijaya Malang menggelar ekspose Masterplan Tata Kota Paringin – Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN -  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan, Kamis (18/11/2021), melakukan ekspose Masterplan Tata Kota Paringin.

Masterplan yang dibuat Universitas Brawijaya Malang itu diekspose agar pembangunan yang dilaksanakan nanti di Kota Paringin lebih terarah, khususnya pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang belum mencapai 20 persen.Kepala Bappeda Balangan, Rakhmadi Yusni menjelaskan masterplan ini nantinya diharapkan menjadi acuan untuk pembangunan di Kota Paringin ke depan.

“Siapapun nanti pemimpin Kabupaten Balangan, saya harapkan dengan masterplan ini dapat menjadi acuan untuk tata kota Kabupaten Balangan sehingga arahnya jelas dan sesuai keinginan,” ujarnya.

Rakhmadi menerangkan masterplan ini sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan dalam menata kota dan membangun desa.

Rakhmadi berharap masterplan Kota Paringin terwujud 20 tahun ke depan.

“Pada tahun 2022–2023, Bupati dan Wabup Balangan akan memulai masterplan yaitu pembuatan jembatan kembar dan jalan kembar (jalan dua arah) serta wisata sungai (siring sungai),” sebut Rakhmadi.Menurutnya, terdapat enam zonasi masterplan tata Kota Paringin. Zona 1 Eks Terminal, Zona 2 Taman Sanggam, Zona 3 Monumen Perjuangan, Zona 4 Taman Balangan, Zona 5 Gedung Juang, dan Zona 6 Eks Koramil dan BRI.

“Zona 1 Eks Terminal akan dibuat Taman Warna Warni, Panggung Pentas, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Wisata Kuliner, Wisata Tepian Air serta Tourism Center,” katanya.

Zona 2 Taman Sanggam akan dibuat Taman Keluarga, Taman Permainan, Taman Air. Kemudian, Zona 3 Taman Monumen Perjuangan akan dibuat Taman Sejarah, RTH, Jalan Kembar. Selanjutnya, Zona 4 Taman Balangan akan dibuat Spot Foto Belajar Sejarah, Kolam Air, RTH, Area Parkir.

“Zona 5 Gedung Juang akan dibuat Bangunan Heritage, Ruang Terbuka Publik, Area Swafoto,” ujarnya.

Zona 6 Eks Koramil dan BRI akan dibuat Taman Olahraga, Jogging Track dan Area Parkir.

Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Balangan yang hadir dalam ekspose, Mandan mengucapkan terima kasih kepada tim perancang Masterplan Kota Paringin.

“Terima kasih telah memasukkan identitas Borneo dengan adanya menampilkan ornamen khas Dayak di beberapa RTH yang akan dibangun,” timpalnya.

Sementara itu, Anggota Penerus Perjuangan Kabupaten Balangan (PPKB) Kabupaten Balangan, Syahminan tidak mengeluhkan masterplan yang diekspose oleh tim perancang dari Universitas Brawijaya Malang.

“Saya harap masterplan ini difokuskan dan transparansi pembangunannya disampaikan sehingga kita tahu capaian yang sudah ada nantinya,” ucap Syahminan.

Pada kesempatan yang sama, Anggota PPKB Kabupaten Balangan, Hifni Effendi sependapat dengan rencana pembangunan ini.

“Saya harap masterplan ini ada prioritas. Rancangan ini harus dikawal oleh Bupati dan Wabup agar setiap tahunnya pembangunan dari rencana tersebut terlaksana,” ungkapnya.

Terakhir, Hifni berpesan masterplan ini jangan hanya sekadar rencana, namun benar dilaksanakan untuk pembangunan Kota Paringin. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama