Trending

Ciptakan Generasi Tahfidz, Pemkab Balangan Gelar Seleksi BTA Tahun 2022

 

PEMBUKAAN: Suasana pembukaan seleksi BTA di Masjid Al Akbar Balangan - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Pemkab Balangan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan menggelar seleksi Beasiswa Tahfidz Qur’an (BTA) tahun 2022, di Masjid Al Akbar Balangan, Senin (14/11/2022).

Sebanyak 51 peserta dari SD/MI kategori hapalan 1 juz, SMP/MTS 7 peserta kategori hapalan 5 juz,  SMA/MA  6 peserta kategori hapalan 10 juz dan Perguruan Tinggi (Mahasiswa/mahasiswi) 4 peserta kategori hapalan 15 juz, ikut seleksi beasiswa tahfidz Qur’an yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, diuji untuk hapalkan Al-Qur’an di hadapan juri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ribowo menyampaikan kegiatan ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Bupati Balangan H Abdul Hadi tetapi karena ada kegiatan yang mendesak sehingga acara pembukaan seleksi BTA tahun 2022 diwakilkan.

 

"Bapak Bupati berpesan kepada saya mengucapkan minta maaf karena tidak bisa berhadir kegiatan seleksi BTA,"ujar Kadisbud Balangan, Ribowo.


Ribowo juga menambahkan,  kegiatan beasiswa tahfiz/hafizah ini adalah bagian daripada instruksi Bupati Balangan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, artinya kualitas SDM bukan hanya pengetahuan yang umum saja tetapi pengetahuan agama yang juga harus ditingkatkan sehingga hasil pengetahuan itu benar-benar berkualitas dalam pengetahuan dan bagian dari Visi misi Bupati Balangan

“Program ini bertujuan untuk memfasilitasi hafidz dan hafidzah di Balangan. Selain itu, memberikan dana bantuan dalam proses pembelajaran mereka sehingga hasil pengetahuan itu berkualitas dengan pengetahuan ilmu agama dan diharapkan dari generasi-generasi tahfiz ini akan menghasilkan generasi qur'an di Kabupaten Balangan,” paparnya. 

Sebagai informasi, pihak Disdik Balangan menyediakan kuota sebanyak 40 pelajar dan mahasiswa/mahasiswi yang hafal Al-Qur’an, sehingga nantinya peserta yang tereliminasi sebanyak 30 orang. Jumlah uang total pembinaan beasiswa sebesar 40 juta,  untuk SD/MI sebesar 22 juta, SMP/MTS sebesar 6 juta,  SMA/MA sebesar 6 juta dan untuk Perguruan Tinggi sebesar 6 juta. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama