Trending

Kadin Kalsel Konsisten Upayakan UMKM Naik Kelas

 

WAWANCARA: Ketua Umum Kadin Provinsi Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Tekad Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Selatan dalam menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) naik ‘kelas' terus diupayakan.

Hal tersebut sejalan dengan program Pemerintah Daerah (Pemda) Kalsel menjadikan sektor UMKM tersebut bisa berkontribusi besar dalam mendukung perekonomian daerah.


“Sesuai amanah Rapimnas Kadin dan arahan Presiden Jokowi, Kadin harus dapat menaikkan kelas usaha mikro dan usaha kecil,” ujar Ketua Umum Kadin Provinsi Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi, dalam keterangannya, Senin (9/1/2023).

 

Menurutnya, kini Kadin bertumpu kepada kemandirian dalam pemberdayaan UMKM untuk memajukan perekonomian daerah. 

“Ya, caranya mengembang produk, konsultasi perijinan, desain produk, dan lainnya. Ini kontribusi Kadin bagi UMKM,” papar alumni sarjana ekonomi ini.

Ketua Ikaatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kalsel ini, juga berharap  UMKM di daerah aktif dalam pengembangan produknya, sebab terkadang UMKM merasa cukup dengan hasil yang mereka peroleh. 

“UMKM harus lebih berkembang lagi, dan UMKM harus pula memanfaatkan fasilitas yang disiapkan oleh Kadin, khususnya peningkatan dan pengembangan produknya,” imbuhnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama