Trending

Kadin Tala Optimis Tingkatkan Produksi Daging Sapi

 

KANDANG: Peternakan sapi di Kecamatan Tambang Ulang, Tanah Laut - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Tanah Laut (Tala) kini mulai gencar dalam meningkatkan produksi daging sapi.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Ketua Kadin Tala Hj Orbawati. Ia mengklaim saat ini pihaknya telah melakukan upaya penggemukan sekitar 300 sapi yang berkolaborasi dengan Koperasi Berkah Bersama Membangun Tala di Kabupaten Tanah Laut


"Tidak kurang dari 300 ekor sapi akan digemukkan, untuk meningkatkan produksi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Hj Orbawati, Senin (9/1/2023).


Bahkan katanya, peternakan dan pembiakan sapi jenis Brahman, mampu memenuhi kebutuhan akan daging, termasuk ketika memasuki Idul Adha atau hari raya kurban. Dengan didukung luas lahan penampungan 35 hektar, ditunjang kebun rumput untuk pakan 14 hektar, Ia optimis projek ini akan berjalan lancar.

"Lokasinya di Kecamatan Tambang Ulang dan sudah berjalan 2 tahun kami optimis bisa memberikan kontribusi untuk daerah khususnya dalam dunia usaha peternakan sapi," tuturnya.

Ia menilai, Pemkab Tala sangat memahami keberadaan Kadin, sebab itu, pihaknya banyak melakukan sharing (tukar pendapat), termasuk persoalan anggaran di Kabupaten Tanah Laut. 

“Pemkab Tala juga memberikan dukungan dalam pengembangan sektor pertanian dan perkebungan, khususnya kebijakan,” ujarnya.

Tak hanya itu, sambung Hj Orbawati, pihaknya juga melakukan penyaringan air laut, agar layak minum bagi masyarakat. 

“Kita upayakan mampu mendistribusikan air layak minum, dengan penyaringan air laut,” imbuhnya. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama