Trending

Waspada Modus Berkedok Pejabat Tipu Pencairan Dana Hibah di Balangan

 

GEDUNG: Gedung pemkab Balangan - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Kabang Kesra Setda Balangan, H. Syaifuddin Tailah, S. Pd. MM mengingatkan kepada para pengelola tempat ibadah di Kabupaten Balangan agar berhati-hati dan mewaspadai terhadap oknum yang berkedok mengatasnamakan Bupati dan Sekertaris Daerah (Sekda) terkait proses pencairan dana hibah.

Ia menjelaskan, ada modus terbaru dengan berpura-pura kelebihan dalam mentransfer dana hibah kepada masing-masing pengelola tempat ibadah dan kelebihan dana tersebut di minta untuk mengembalikan.

 

"Kami temukan hal tersebujt terjadi disalah satu pengelola tempat ibadah di Balangan yang sudah menjadi korban penipuan,"ucapnya, Sabtu (28/1/2023).


Karena menurutnya, pencairan dana hibah harus melalui mekanisme yang jelas dan proses yang sesuai dengan ketentuan. Namun para oknum tersebut sangat licin, mereka meminta nomor rekening kemudian mengirimkan bukti transfer palsu sehingga mampu mengecoh panitia mesjid atau mushala.

"Saat korban mencek ke Bank ternyata tidak ada transfer yang dilakukan oleh pelaku sehingga korban tertipu,"ujarnya.

H Syaifuddin berharap, seluruh pengurus dan pengolah tempat ibadah untuk berhati-hati dengan oknum yang memberi harapan ingin mempercepat dan mempermudah pencairan dana hibah.

"Lebih waspada lagi, cek ricek terlebih dulu," tukasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama