Trending

Bupati Kapuas Panen Raya Perdana di Desa Terusan Makmur

 

PANEN: Bupati Kapuas ikut panen raya perdana - Foto Dok 

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT ikut melakukan panen raya perdana padi di Desa Terusan Makmur Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Selasa (21/2/2023).

Turut mendampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kapuas yang juga Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah Ary Egahni Ben Bahat, SH, MH, Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor, Wakapolres Kapuas, Danramil, Sejumlah Kepala OPD, Camat Bataguh, Kades dan Forkompinda Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya kepada masyarakat Kecamatan Bataguh khususnya Desa Terusan Makmur yang mana para petaninya telah berhasil menanam padi dimasa-masa sekarang, sehingga dapat dipanen dengan sempurna produksi mencapai kurang lebih 6 sampai 7 ton perhektar.


"Panen raya perdana ini dilakukan sebagai pemacu semangat para petani yang ada di Kapuas untuk terus mempertahankan Kapuas sebagai lumbung padi Kalteng, tentunya tidak hanya lumbung padi tapi juga kita harapkan sebagai lumbung untuk sektor pertanian, perikanan dan lainnya," tegas Bupati Kapuas.


Menurutnya, ke depan pertanian merupakan tulang punggung untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat. 

"Kita akan terus mendorong usaha pertanian di Kabupaten Kapuas dan kita harapkan Pemerintah Pusat untuk memberikan dukungan terutama untuk Alsintan atau alat-alat pertanian agar panen tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi memakai mesin," ungkap Ben Brahim.

Di tempat yang sama, Ary Egahni Ben Bahat, SH, MH selaku Ketua TP-PKK Kabupaten Kapuas sekaligus sebagai representasi Wakil Rakyat Kalteng menyampaikan apresiasinya kepada seluruh masyarakat Kapuas Kecamatan Bataguh khusunya Desa Terusan Makmur, karena hari ini menurutnya, masyarakat telah menyatakan diri mampu menoreh sejarah untuk merasakan menjadi tonggak penyangga ketahanan pangan di Kabupaten Kapuas.

"Saya menyampaikan terima kasih atas terlaksananya panen raya ini, semoga dengan ini semua masyarakat bisa semakin semangat dalam meningkatkan kualitas pertanian untuk membangun daerah disektor tersebut," terang Ary Egahni.

Dikatakan Ary Egahny, dia dan anaknya Bella Brittani Bahat akan membantu pupuk untuk masyarakat desa Terusan makmur ini, "Saya akan menyisihkan gaji dan uang pribadi untuk membelikan pupuk untuk masyarakat petani di desa setempat," ucap Ary Egahni.

Sementara itu, Camat Bataguh Syuryadin, SH, atas nama seluruh masyarakat Bataguh khususnya desa Terusan Makmur menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, dan Ibu Ary Egahni Ben Bahat beserta jajaran dan Unsur FKPD Kapuas yang telah berkenan melaksanakan panen raya di Desa Terusan Makmur.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi jajaran Pemerintah Kecamatan Bataguh dalam meningkatkan pembangunan khususnya dibidang pertanian," jelas Syuriyadin.

Lebih lanjut, Camat Bataguh itu menyampaikan terimakasih kepada Anggota DPR RI Dapil Kalteng, ibu Ary Egahni Ben Bahat, SH, MH dan Bella Brittani Bahat telah memperhatikan masyarakat petani di desa Terusan makmur ini, dengan akan dibantunya pupuk untuk para petani disini," demikian Camat Bataguh. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama