Trending

Pemkab Balangan Berikan Seragam dan Atribut Baru Kepada Satlinmas

 

SAMBUTAN: Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Balangan, H. Syaifuddin Tailah,S.Pd. MM sampaikan sambutannya - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Kecamatan Paringin melaksanakan apel penyerahan dan penyematan seragam serta atribut baru kepada anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) se-kecamatan Paringin, Rabu (15/2/2023) di halaman kantor Camat Paringin.

Turut hadir, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Balangan, H. Syaifuddin Tailah,S.Pd. MM yang mewakili Bupati Balangan H Abdul Hadi, Camat Paringin Misrina Wati, Kepala Satpol-PP Kabupaten Balangan Aspariah, Lurah Paringin Kota dan Peringin Timur serta semua Kepala desa yang ada dilingkup Kecamatan Paringin.  

 

"Saya meminta kepada Satlinmas agar menjadi pelindung masyarakat dalam mengatasi berbagai bentuk permasalahan yang ada wilayahnya seperti misalnya bencana alam, gangguan kamtibmas dan sosial kemasyarakatan," ucap Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Kab. H. Syaifuddin Tailah,S.Pd. MM mewakili Bupati Balangan.


Ia juga menyampaikan pesan Bupati agar semua anggota senantiasa sudah memahami tugas dan fungsi Satlinmas itu sendiri. Bupati Abdul Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada semua anggota Satlinmas dan sangat mengapresiasi keberadaan satuan tersebut yang menjadi peran dalam melaksanakan fungsi perlindungan pada masyarakat di wilayah Kaecamatan Paringin khususnya dan Balangan pada umumnya. 

"Kami berharap peran Satlinmas bertambah kuat,berkualitas dalam mengemban tugas kenegaraan maupun kemasyarakatan," harapnya. 

Sementara, Camat Paringin Misrinawati meminta keamanan di lingkungan desa dan kelurahan untuk ditingkatkan. Hal tersebut disampaikannya usai penyerahan seragam Satlinmas se kecamatan Paringin. 

"Kepada kades agar setiap desa dan kelurahan itu ada pos jaga atau poskamling untuk meningkatkan keamanan,"pinta Misrinawati. 

Sehingga lanjutnya, petugas Linmas bisa aktif dan dapat meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga keamanan lingkungan. 

"Kami pihak kecamatan juga akan melakukan pembinaan dan pendamping kepada Linmas untuk meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya,"ucapnya.

Sedangkan Kepala Satpol-PP Balangan Noor Aspariah mengatakan, secara administrasi Satlinmas di bahwa koordinasi Satpol PP, sedangkan di Kecamatan katanya melalui Kasi Tarntib.

"Tugas Satlinmas adalah menjaga keamanan lingkungan yang diatur dari substantif baik jadwal kegiatan maupun program masing-masing, bahkan menurutnya Satpol-PP Balangan berperan lakukan pembinaan dan pembekalan terhadap linmas di Kabupaten Balangan. Tentunya kesejahteraan para linmas sendiri  juga mesti diperhatikan.Saat ini honor mereka Rp300 ribu perbulan ada peningkatan dari sebelumya hanya Rp 150 ribu perbulan,' tukasnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama