Trending

Launching Galuh Samsat Bergerak, Upaya Tim Pembina Samsat Kalsel Tingkatkan Pelayanan Publik

 

LAYANAN: Launching Galuh Samsat Bergerak dilaksanakan di Jl. K. S. Tubun, Banjarmasin - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Tim Pembina Samsat berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Salah satu wujudnya dengan menghadirkan layanan Galuh Samsat Bergerak.

Galuh Samsat Bergerak adalah inovasi yang diinisiasikan oleh Kepala UPPD Samsat Banjarmasin I, Anni Hanisah sebagai salah satu solusi permasalahan tingginya jumlah populasi perempuan di Kota Banjarmasin dan banyaknya jumlah kendaraan bermotor kepemilikan perempuan yang menunggak membayar pajak dan sosialisasi yang belum masif kepada kaum perempuan tentang kemudahan layanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) beserta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). 

Seperti halnya dengan layanan Samsat lainnya, Galuh Samsat Bergerak hanya melayani pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan. Namun, hal yang berbeda adalah masyarakat wajib pajak (WP) akan dilayani oleh petugas Samsat yang keseluruhannya perempuan. Galuh Samsat Bergerak juga hadir dengan desain yang terbilang feminim.

Launching Galuh Samsat Bergerak dilaksanakan di Jl. K. S. Tubun tepatnya di halaman Koramil Kelurahan Pekauman Kota Banjarmasin, Rabu (1/3/2023) diresmikan oleh Kepala Bakeuda Prov. Kalimantan Selatan dan dihadiri oleh Kepala UPPD Samsat Banjarmasin I, Anni Hanisah dan Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan Benyamin Bob Panjaitan.

Dengan tersedianya Galuh Samsat Bergerak, diharapkan meningkatnya kesadaran kaum perempuan dalam membayar PKB dan berkurangnya data kendaraan bermotor jatuh tempo kepemilikan perempuan.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan Benyamin Bob Panjaitan mengapresiasi inovasi yang dilakukan UPPD Samsat Banjarmasin I dan mendukung penuh segala upaya inovatif lainnya guna mencapai target pendapatan.


“Jasa Raharja bersama Tim Pembina Samsat berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh kalangan masyarakat, diharapkan dengan adanya Galuh Samsat Bergerak ini, akan lebih mempermudah masyarakat dalam menunaikan kewajibannya,”tambah Benyamin Bob.


Sebagai informasi, Galuh Samsat Bergerak di Jl. K. S. Tubun tepatnya halaman Koramil Kel. Pekauman Kec. Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, melayani dari Senin s.d Rabu pukul 13.30 s.d 17.00 WITA, Jumat dan Sabtu pukul 13.30 s.d 17.00 WITA, tutup pada hari Kamis dan Minggu. (rls/fsl)


Lebih baru Lebih lama