Trending

Penguatan Industri Kreatif dan Smart City, Wali Kota Banjarmasin Jalin Kerjasama Multilateral

CENDERAMATA: Walikota Banjarmasin menyerahkan cenderamata khas Banjarmasin, Kalsel - Foto Dok

 BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Sebanyak dua puluh Wali Kota di Indonesia mengikuti kunjungan delegasi APEKSI ke Swiss dan Perancis, termasuk salah satunya Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang diketahui sangat fokus dalam pengelolaan industri kreatif dan pengembangan Smart City secara global.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyuarakan, mempromosikan dan sekaligus melakukan kerjasama kota-kota di Indonesia dengan kota-kota di Eropa yang salah satu agendanya adalah rapat tentang hak kekayaan intelektual dan pembangunan berbasis smart city.

Rapat itu digelar bersama dengan United Nation dan lembaga-lembaganya yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual yaitu World Intellectual Property Organization(WIPO) serta International Telecommunication Union (ITU) yang berfokus membantu kota-kota dalam penerapan smart city.

CENDERAMATA: Walikota Banjarmasin menyerahkan cenderamata khas Banjarmasin - Foto Dok

Kegiatan itu juga diisi dengan presentasi potensi dari daerah sebagai upaya dan komitmen Pemerintah Kota dalam perluasan dan pengembangan ekonomi kreatif dan smart city di daerahnya masing-masing.


"Kegiatan ini sangat penting bagi Pemerintah Kota Banjarmasin sebagai bentuk komitmen terhadap misi pertama yakni meningkatkan daya saing usaha ekonomi lokal, berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi digital serta penguatan industri dan sarana distribusi perdagangan," kata H Ibnu Sina pada Minggu (12/3/2023).


Selain itu menurutnya juga selaras dengan misi ke 6 yaitu pelayanan publik berbasis smart city.

"Di Paris para delegasi wali kota ini melakukan audiensi dengan Wali Kota Paris 1 dan Wali Kota Paris 6," tutup H Ibnu Sina. (rls/fsl)

Lebih baru Lebih lama