Trending

RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kapuas Raih Predikat Bintang 5

 

WAWANCARA: Dirut RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo, dr Agus Waluyo - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas, Kalteng memperoleh predikat atau akreditasi bintang lima.

Predikat tersebut merupakan hal yang membanggakan, tetapi mempertahankan perlu kerjasama semua unsur dan tim yang solid dalam meraih nilai tersebut.

Direktur RSUD Soemarno Sosroatmodjo Kapuas, dr Agus Waluyo, MM mengatakan, pihaknya baru mendapatkan ucapan selamat dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), bahwa RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah lulus akreditasi tingkat paripurna dengan standar Kementerian Kesehatan RI.


"Alhamdulillah atas kerja sama semua unsur elemen sehingga akreditasi yang kita peroleh sudah maksimal," kata Dirut RSUD dr. Soemarno Sosroatmodjo, dr Agus Waluyo, Selasa (7/3/2023).


dr. Agus mengutarakan dengan pencapaian tersebut menandakan, mutu dan kualitas pelayanan sudah sesuai dengan yang diharapkan. Sudah barang tentu upaya yang dilakukan agar mempertahankan akreditasi paripurna, dengan mempertahankan budaya keselamatan, mutu dan implementasi SOP yang sudah dilaksanakan selama ini.

"Semoga dengan upaya ini dapat meningkatkan mutu pelayanan yang semakin baik dan meningkat," terangnya.

Selain itu, sebagai salah satu upaya yang  harus dilakukan berupa perbaikan sarana dan prasarana, terutama konstruksi bangunan rumah sakit banyak yang sudah termakan usia. Sehingga perlu di bangun baru maupun renovasi dengan mengusulkan kepada Pemerintah Daerah dan Pusat anggar mendapat kucuran dana melalui APBD maupun APBN agar tercapai standar rumah sakit yang baru, dan perlunya penambahan tenaga medis dokter spesialis.

"Kalau dikatakan kurang, rumah sakit kita masih memerlukan dokter spesialis," ujar dr. Agus Waluyo.

"Kendati demikian, kita akan berupaya untuk melengkapi jenis layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat, sehingga masyarakat tidak harus mendapat layanan kesehatan ke daerah," tambahnya.

Jika layanan kesehatan sudah terpenuhi tentu masyarakat akan selalu berobat atau cek kesehatan cukup di RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas saja, karena kedepan akan dilengkapi dengan fasilitas terhadap pelayanan pemeriksaan jantung sesuai target 2024 sudah bisa direalisasikan.

"Untuk dokter spesialis anak perlu dilakukan penambahan satu orang, dokter mata yang perlu menetap di Kapuas, karena selama ini dari Palangka Raya dan terakhir dokter spesialis anestesi karena sangat sulit untuk didapat," pungkasnya. (sur/fsl)

Lebih baru Lebih lama