Trending

Dinas P3APPKB Kapuas Ajak Semua Pihak Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak

 

WAWANCARA: Kepala Dinas P3APPKB Kapuas, dr Tri Setyautami - Foto Dok

BANUATODAY.COM, KUALA KAPUAS - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kapuas mengajak semua pihak untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kepala Dinas P3APPKB Kapuas, dr Tri Setyautami mengharapkan sesuai amanat Presiden untuk perempuan dan anak bersama-sama melakukan pencegahan penyadaran masalah kekerasan perempuan dan anak tersebut.


"Karena dampaknya luar biasa seperti traumatis dan lain sebagainya. Sehingga, perlu dicegah bersama," kata dr Tri Setyautami, Selasa (7/3/2023).


Lebih lanjut, dia juga menyampaikan terima kasih kepada lintas sektor di Kabupaten Kapuas yang telah bekerjasama seperti jajaran Polres Kapuas melalui Unit PPA, Kejari Kapuas, Dinsos, Dinkes, RSUD, kecamatan, desa dan tokoh agama.

"Mari perkuat lagi sinergitas agar tidak terjadi lagi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak," ucapnya.

Terlebih, lanjut dia dalam satu tahun belakangan ini sudah ada dibentuknya UPT Perlindungan Perempuan Anak (PPA) di Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas.

"Kami dari DP3APPKB memiliki UPT PPA yang bertugas memberikan pelayanan terhadap pengaduan kasus-kasus kekerasan perempuan dan anak untuk segera bisa cepat ditindaklanjuti," tuturnya.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang sudah digali misalnya KDRT terkait masalah ekonomi, dan lain sebagainya yang tentunya perlu peran bersama dalam mencegah. 

"Karena kasus kian meningkat, semakin terlihat bahwa kasus kekerasan perempuan dan anak seperti gunung es meninggi, mungkin yang terlapor ke kami hanya di ujungnya saja tetapi di bawahnya masih ada," tutupnya. (sur/fsl)


Lebih baru Lebih lama