Trending

Lintas Kabupaten Gelar Rakor Penanganan dan Pengendalian Bencana Banjir

 

RAPATRapat Koordinasi (Rakor) penanganan dan pengendalian bencana banjir lintas Kabupaten - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Pemerintah Kabupaten Balangan menyarankan pembuatan bendungan atau embung sebagai upaya pencegahan terhadap banjir di Balangan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan dan pengendalian bencana banjir lintas Kabupaten yang di laksanakan di Hulu Sungai Utara (HSU) Amuntai, Rabu 5 April 2023 lalu.

Rakor tersebut diikuti 5 Kabupaten yakni, Kabupaten HSU, Tabalong, Balangan, HST, dan HSS. Bupati Balangan H Abdul Hadi, melalui dinas BPBD, PUPR Balangan yang dikomando Kepala Bappedalitbang Pemkab Balangan Rahmadi Yusni mengatakan, dampak dari banjir di Balangan akan mengalir ke HSU.


"Balangan itu ada dua sungai, yaitu sungai pitap dan sungai Balangan. Sumber terbesar pemasok banjir yang ada di balangan sungai Balangan, sedangkan sungai pitap masih dalam proses penyelesaian bendungan," jelasnya, Jumat (7/4/2023), via whatsApp.


Rahmadi juga menyampaikan, Pemkab Balangan memiliki pemikiran yang sama dalam penanganan dan pengendalian banjir dengan pembuatan embung dan bendungan. 

"Kami menyarankan pembuatan embung dan bendungan di daerah aliran Sungai di Balangan yakin di Daerah Kecamatan Halong dan Juai,"sarannya.

Rahmadi berharap, dengan adanya embung dan bendungan di daerah aliran sungai di Balangan nantinya dapat mengurangi dampak banjir yang terjadi. 

"Dengan adanya rakor ini semoga bisa terealisasi," tambahnya.

Dalam Rakor tersebut dihadiri Pj. Bupati HSU, Bupati Tabalong, Perwakilan komisi II DPR RI, DPRD Kalsel, Kepala Bappedalitbang Balangan beserta jajaran, serta Forkopimda HSU, HST, HSS, Tabalong dan Balangan. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama