Trending

Banjarmasin Sukses Turunkan Angka Stunting

 

TURUN - Angka Stunting di Banjarmasin mulai turun.



BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) menggelar Rembuk Stunting dalam rangka Koordinasi Konvergensi Aksi III Kota Banjarmasin Tahun 2023, bertempat di Hotel Roditha Banjarmasin, Senin (17/04).

Kegiatan dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, turut hadir Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Kepala DPPKBPM Drs M Helfianoor, unsur-unsur Forkopimda, Camat, seluruh pimpinan SKPD yang tergabung dalam TP2S beserta jajaran terkait.

H Ibnu Sina menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder terkait yang sejauh ini telah mendukung program percepatan penurunan angka stunting. Lanjut ujar H Ibnu Sina, Kota Banjarmasin menghasilkan penurunan angka stunting yang signifikan dibandingkan tahun lalu.

"Untuk capaian sendiri Banjarmasin awalnya berada di angka 27,8 persen dan Alhamdulillah dalam setahun ini kita bisa turunkan di angka 22,4 persen. Jadi ada penurunan sebesar 5,4 persen. Saya kira tertinggi di Kalimantan Selatan untuk intensitas penurunannya," katanya.

Dalam rangka memenuhi target Nasional dan Instruksi Presiden RI berkenaan dengan penurunan stunting di angka 14% pada tahun 2024 nanti. Terlebih, kini Pemko Banjarmasin terus berupaya menekan stunting lewat inovasi program "Mba FoodZi Acting" dan "Ka Baimb BaaCTING".

Untuk itu Ia berharap, jangan sampai masih ditemui kasus stunting di kota sebesar Banjarmasin.

"Hanya menegaskan saja bahwa apa yang kita lakukan hingga hari ini sudah benar, tinggal bagaimana frekuensi dan intensitasnya ditambah pada 14 kelurahan yang jadi lokus. Sehingga bisa diintervensi dengan tepat sasaran," terang Ibnu Sina.

"Jangan sampai di kota besar seperti Banjarmasin masih ada stunting yang tumbuh karena kekurangan gizi," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan Penyerahan Piagam Penghargaan dan Penandatanganan Kesepakatan tim percepatan penurunan stunting tingkat Kota Banjarmasin serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) percepatan penurunan stunting di kota Banjarmasin antara Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin bersama perwakilan fakultas.

Berikut merupakan penerima piagam penghargaan dalam Aksi Percepatan dan Penurunan Stunting tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2023.

- Pelaksana rembuk stunting pertama tingkat kelurahan tahun 2023 : Kelurahan Antasan Kecil Timur

- Pelaksana rembuk stunting pertama tingkat kecamatan tahun 2023 : Kecamatan Banjarmasin Utara

- Partisipasi dalam E-PPGBM dengan jumlah balita ter-update Antropometri terbanyak : Puskesmas Pekauman

- Partisipasi dalam E-PPGBM dengan persentase update Antropometri Tertinggi : Puskesmas Sungai Bilu

- Kelurahan yang telah menerapkan KA BAIMB BAACTING (Kayuh Baimbai Banjarmasin Cegah dan Turunkan Stunting) : Kelurahan Sungai Bilu. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama