Trending

Simak! Tips PLN Amankan Listrik Sebelum Mudik Lebaran 2023

PETUGAS: Petugas PLN memberikan tips aman saat meninggalkan rumah - Foto Istimewa

BANUATODAY.COM, BANJARBARU -  Mudik telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, mereka yang berada di perantauan akan kembali ke rumah keluarga yang berada di kampung halaman pada momen hari raya Idul Fitri 1444H. 

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UID Kalselteng) memberikan tips agar listrik di rumah tetap aman, meski sedang ditinggal mudik. 

Menurut General Manager PLN UID Kalselteng Muhammad Joharifin, mengatakan Was-was tak jarang muncul ketika seseorang harus meninggalkan rumah untuk sementara waktu dalam waktu yang cukup panjang, untuk itu masyarakat perlu memastikan keamananan listriknya sebelum berangkat mudik.

Berikut tips dari PLN agar listrik di rumah tetap aman meski rumah sedang ditinggalkan saat mudik lebaran 2023 : 

1. Segera cabut stop kontak alat elektronik apabila sudah tidak digunakan.

2. Khusus untuk pelanggan pasca bayar, dianjurkan bayar tagihan listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 agar lebih nyaman.

3. Isi token listrik bagi pelanggan prabayar sebagai cadangan, khususnya untuk penerangan.

4. Cek Instalasi Listrik rumah sebelum mudik, untuk mencegah terjadinya korsleting. Pastikan alat elektronik serta jaringan dalam instalasi rumah seperti kabel dan fitting lampu memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang bisa didapatkan dari hasil inspeksi oleh Lembaga Inspeksi Teknik terdaftar.

5. Apabila listrik meteran di rumah sering jeglek atau daya listrik sudah tidak mencukupi, lakukan tambah daya via PLN Mobile menggunakan promo Terangi Ramadhan 2023. 

6. Titipkan rumah ke tetangga terdekat yang tidak melakukan mudik lebaran serta lapor ke RT setempat.

"Momen mudik lebaran tahun ini semoga dipenuhi dengan suka cita dan pikiran tetap tenang sampai dengan pulang kembali ke rumah agar mudik tetap aman dan nyaman," harap Joharifin.

Dirinya menambahkan, bagi pelanggan yang membutuhkan layanan PLN dapat mengakses aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan App Store. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pelanggan PLN dalam urusan kelistrikan kapan saja dan dimana saja. (rls/fsl)

Lebih baru Lebih lama