Trending

Balangan Expo 2023, Kecamatan Paringin Selatan Bawa Nuansa Banua Sanggam Tempo Dulu

EXPO: Kecamatan Paringin Selatan membawa tema stand Balangan Tempo Dulu - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN – Mengangkat tema tentang kearifan lokal Danau Baruh Bahinu dengan Nuansa warung sederhana dari Paring atau Bambu dan dihias tanaman padi serta lampu petromak, Kecamatan Paringin Selatan ingin masyarakat yang berkunjung ke Balangan Expo 2023 mengingat ikon Kabupaten Balangan masa lalu. 

Camat Paringin Selatan, Renny Yudhistesia menyampaikan untuk stand dari Kecamatan Paringin Selatan ini temanya tentang kearifan lokal daerah kami. 


“Jadi memang di wilayah kami dari dahulu atau Balangan terdahulu kan terkenalnya dengan Danau Baruh Bahinu, nah jadi kami ngambilnya disini kearifan lokal wilayah Danau Baruh Bahinu juga ada kita tampilkan layout Danau Baruh Bahinu bahwa kita mengingatkan kembali dulunya waktu pertama kali Balangan berdiri itu paling menjadi ikon waktu itu adalah Danau Baruh Bahinu,” ujarnya. 


Ia juga mengatakan, pada expo tahun ini pihaknya menampilkan stand dengan nuansa semacam warung. 

“Sebenarnya kelihatannya memang sederhana, jadi kami menampilkan kesederhanaan masyarakat desa kearifan lokal jadi ada nuansa paringin, ada nuansa pagi, kemudian ada pernak-pernik yang terdapat dari bahan  purun yang memang itu menjadi ciri khas wilayah kita,” sebutnya. 

Terlepas dari apa yang ditampilkan, dari Kecamatan Paringin juga membuka layanan berupa pengaduan masyarakat khusus untuk warga yang berdomisili di kecamatan tersebut.

“Kita pada expo ini juga membuka layanan pengaduan masyarakat, yakni Mawar Pedas (Menyapa Warga dan Pemerintah Desa) yang mana khususnya untuk pengunjung yang berdomisili di wilayah Kecamatan Paringin Selatan. Kami sediakan formulir saran berupa masukan dan pertanyaan terkait tentang perbaikan pelayanan kecamatan maupun pengaduan masyarakat, selain itu juga ditampilkan puluhan produk UP2K,” paparnya.(vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama