Trending

Bergaya Ala Pasukan Khusus, Ratusan Linmas se-Balangan Ikuti Lomba PBB

SEMANGAT: Anggota Linmas antusias ikut lomba - Foto Dok

BANUATODAY.COM, BALANGAN - Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Balangan yang ke-20 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Balangan.menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB)  se-Kabupaten Balangan. Rabu (3/5/2023).

Sebanyak 128 orang Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kabupaten Balangan yang mewakili 8 kecamatan ikut serta dalam acara tersebut.


"Setiap tim ada 16 orang dan merupakan tim Linmas yang terbaik di kecamatan masing-masing, ” kata Kepala Satuan Polisi-PP Kabupaten Balangan Noor Aspariah saat berbincang-bincang dengan awak media. 


Aspariah mengatakan untuk peserta sendiri dalam mengikuti lomba PBB ini mereka dilatih oleh personel Danramil dan Polsek masing-masing kecamatan.

Selain itu ujar Aspariah tujuan diadakan lomba PBB ini untuk menanamkan kedisiplinan dan membentuk Satlinmas yang profesional, serta menjadi modal utama Satlinmas dalam mengambil sikap.

"Nanti kalau ada kejuaraan lomba PBB Linmas ditingkat provinsi, maka yang menjadi juara pada lomba kali ini akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Balangan,"ujarnya. 

Noor Aspariah juga menyampaikan bahwa penyerahan hadiah nantinya akan dilaksanakan di perayaan puncak hari jadi Kabupaten Balangan tanggal 17 Mei yang akan datang.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan kapasitas linmas yang ada di desa kemudian yang kedua ini adalah bentuk latihan fisik yang pastinya ini menambah tanggung jawab sikap mental dan di sana juga ada kekompakan persatuan," tuturnya.

"Kami harapkan mereka dapat terapkan di dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota linmas di desa masing-masing khususnya menjaga keamanan ketertiban dalam rangka pemilu juga,"ucapnya. 

Dalam lomba tersebut terdapat 5 juri penilai, 2 dari TNI, 1 dari Polri,  2 dari Satpol-PP, Sementara salah satu juri lomba dari Kodim 1001/HSU-BLG Serka Rinto mengungkapkan, dari segi penilaian sendiri para juri menilai PBB dasar peserta hingga kerapian peserta.

“Dalam lomba PBB ini kami menilai gerakan PBB dasar peserta, komandan regu, gerakan barisan, kreatifitas hingga kerapian peserta,”tutup Rinto. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama