Trending

BPBD Kalsel Telusuri Titik Api Pasca Kebakaran Lahan di Handil Gotong Royong Banjarbaru

 

TIM gabungan BPBD, Polri, TNI, Manggala. (Dok BPBD) 

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Satgas Darat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penelusuran titik api pasca kebakaran lahan yang terjadi pada Minggu (21/5/2023) kemarin.

“Kegiatan ini merupakan bagian implementasi standar operasional prosedur dalam rangka monitoring setiap pasca kebakaran lahan,” ujar Mansyah Setiawan, Anggota Satgas Darat BPBD Kalsel, Senin (22/5/2023).

Mansyah menjelaskan, monitoring berupa analisa layak atau tidak dilakukan pembasahan lahan di lokasi pasca terjadi kebakaran lahan, bertujuan untuk memastikan titik api di lokasi apakah masih ada tersisa atau aman.

BACA JUGA : Zairullah Berharap Atlet Tanah Bumbu Capai Prestasi di Popda Kalsel 2023 Banjarmasin

Seperti diketahui pada Minggu sore kemarin di lokasi jalan Handil Gotong Royong, RT 44, RW 09,Kecamatan Landasan Ulin, Kelurahan Syamsudinnoor terjadi kebakaran lahan. Mansyah Setiawan mengatakan untuk asap di lokasi tersebut sudah masuk kategori aman. 

Kendati demikian, untuk mencegah potensi baru di lokasi dilakukan pembasahan oleh tim dari BRIGDAL Karlahut agar tidak ada lagi sisa asap di lahan gambut.

Tindak Lanjut Satgas Karhutla BPBD Provinsi Kalsel tetap melakukan Patroli di sekitar wilayah Ring 1 kawasan bandara setiap hari, dan di lokasi lainnya yang rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan.

BPBD Kalsel juga berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kalsel terkait analisa pembukaan pintu air untuk membasahi lahan gambut yang sudah mengering sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di area ring 1 bandara. (nt/win)

BACA JUGA : Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan Belasan Anggota Pòlres Batola Terima Penghargaan Kapolda

Lebih baru Lebih lama