Trending

Diskominfotik Gali Ide Kreatif Anak Muda Melalui Lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon

KREATIF - Lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon untuk gali ide kreatif anak muda.


BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Diskominfotik Kota Banjarmasin kembali melaksanakan Lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon 2023 tingkat SMA/SMK sederajat se-kalimantan Selatan dengan tema "Studentpreneurs" berlangsung di Plaza Smart City Lantai 3, Menara Pandang Banjarmasin.

Kegiatan dibuka Kepala Diskominfotik Banjarmasin Windiasti Kartika, ST, MT, turut hadir Kabid Apilkasi Informatika, Satria Yudha Lesmana, Ketua KKF, Farid Fathurahman serta jajaran terkait, Selasa 23/05/23.

Menurut Kepala Diskominfotik Banjarmasin, Windiasti Kartika, ST, MT, kegiatan itu sangat bermanfaat bagi peserta yang bertujuan untuk menggali ide-ide kreatif dan mengatasi permasalahan di Kota Banjarmasin.

 "Jadi pada intinya pada sebuah ide kreatifitas itu muncul permasalahan didalam kegiatan kita sehari-hari," ujarnya.

Windi menjelaskan, ada 6 Dimensi Smart City yaitu Smart Governance, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment, Smart Society dan Smart Branding. Maka dari itu ia berharap dari 6 dimensi tersebut ide-ide para peserta bisa digali dan dimunculkan agar menjadi sebuah ide kreatif.

"Nanti para pemenang akan diberikan mentor pelatihan untuk bisa merealisasikan ide-idenya," terangnya.

Ia berharap  dengan adanya kegiatan ini para peserta dapat memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara mengubah permasalahan atau isu terkini ke dalam sebuah ide yang nantinya akan dibentuk menjadi sebuah produk dari suatu startup.

Dari Lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon ini, pihaknya juga memperluas para peserta dari semula hanyar SMA/SMK sederajat se Kota Banjarmasin kini diperluas menjadi se Kalimantan Selatan.

"Walaupun baru dua ya yang ikut diluar Kota Banjarmasin, insyaallah tahun-tahun kedepannya acara ini akan kita laksanakan lagi," pungkasnya.

Dari data yang terhimpun peserta yang teregistrasi di kegiatan Lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon 2023 berjumlah  48 orang dari 8 sekolah SMA/SMK sederat se-Kalimantan Selatan. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama