Trending

Kebakaran Lahan Kembali Landa Banjarbaru, BPBD Kerahdan Dua Unit Armada

 

19052023 - BANUATODAY.COM - Personel tim BPBD Kalsel dan Manggala Agni memadamkan kebakaran lahan di Landasan Ulin, Banjarbaru - Dok. Diskominfo Kalsel.jpg
LANDASAN ULIN - Personel tim BPBD Kalsel dan Manggala Agni memadamkan kebakaran lahan di Landasan Ulin, Banjarbaru - Dok. Diskominfo Kalsel.jpg

BANUATODAY.COM, BANJARBARU - Tim Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan kembali bertugas memadamkan kebakaran lahan di wilayah Kelurahan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Sesuai arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel, R Suria Fadliansyah menyatakan pihaknya akan terus melakukan langkah strategis untuk mencegah dan menanggulangi bencana Karhutla di Kalsel.

“Kerahkan semua sumber daya yang ada, baik SDM petugas, sarana dan prasarana peralatan, tingkatkan kolaborasi dengan segenap komponen masyarakat,” kata Suria Fadliansyah, Rabu (17/5/2023).

Tindak lanjut Satgas Karhutla BPBD Kalsel dan berbagai elemen terkait juga melakukan patroli ke wilayah Kelurahan Guntung Manggis dan Kelurahan Landasan Ulin Timur mengingat masih ada titik-titik yang perlu diwaspadai.

Kebakaran lahan terjadi tidak hanya di wilayah Kelurahan Landasan Ulin Timur, namun juga di daerah perbatasan Kelurahan Guntung Manggis.

Informasi berawal dari Petugas Karhutla BPBD Kalsel, kemudian informasi itu langsung direspon Tim Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kalsel dengan meneruskan informasi ke Satgas Darat Penanganan Karhutla BPBD Kalsel serta berkoordinasi dengan BPBD Kota Banjarbaru dan Manggala Agni serta pihak terkait.

Satgas Darat BPBD Kalsel, Baihaqi Saputra menuturkan informasi diterima dari pusat pengendali sekitar pukul 14:33 Wita.

Kemudian BPBD Kalsel menurunkan 2 unit armada beserta personil pemadaman, kondisi kebakaran lahan cukup sulit dipadamkan karena akses jalan sangat terbatas, kendala lain kondisi arah angin dan jumlah vegetasi yang didominasi pohon galam mengakibatkan asap mengepul cukup tebal.

Selain Satgas Darat BPBD Kalsel, terlihat juga Petugas dari BPBD Kota Banjarbaru, Manggala Agni, Brimob Polda Kalsel, TNI dan pemadam swasta bekerja sama untuk memadamkan kebakaran.

“Adapun luasan lahan yang terbakar sekitar 5 hektar, hingga pukul 17.30 Wita pemadaman di dua kelurahan dinyatakan aman namun masih terpantau ada beberapa titik asap tipis di luar jangkauan tim satgas darat,” tutupnya. (pem/enw)

Lebih baru Lebih lama