Trending

Kementerian ATR/BPN Bahas RDTR Banjarmasin

RDTR - RDTR Banjarmasin akhirnya dibahas di Kementerian ATR/BPN.
 

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Rancangan Perwali Kota Banjarmasin tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), akhirnya masuk dalam agenda pembahasan Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional, Direktorat Jenderal Tata Ruang.

Kegiatan di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta tersebut dihadiri langsung tiga pemimpin kota berjuluk seribu sungai, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor dan Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya.

Mereka hadir untuk memastikan bahwa komitmen yang telah mereka sepakat untuk menyediakan ruang terbuka hijau, ruang publik, dan ruang privat bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin, bisa terprogram dengan baik.

“Kami sudah menyampaikan  terkait strategi, kemudian rencana detailnya, terus skala 1:5000, mudah-mudahan ini bisa jadi pedoman dalam percepatan, percepatan untuk perizinan berbasis OSS, sehingga kemudian OSS ini bisa segera kita penuhi,” ungkap H Ibnu Sina usai kegiatan tersebut, Senin (22/05).

 Dirjen Tata Ruang Gabriel Triwibawa sempat memberikan masukan, agar Pemerintah Kota Banjarmasin bisa merancang kota dengan sebaik-baiknya supaya tetap nyaman, dan arus keluar masuk barang dan jasa berjalan lancar.

 “Tadi Pak Dirjen sudah memberi masukan, beliau sangat memahami kondisi Kota Banjarmasin sebagai kawasan epicentrum pertumbuhan ekonomi dan juga perdagangan barang dan jasa, sehingga kita harus merancang kota ini dengan sebaik-baiknya supaya tetap nyaman, dan berfungsi sebagai penopang perekonomian Kalimantan Selatan,” ungkap Ibnu.

RDTR ini, jelasnya, sangat penting untuk mendapat persetujuan, hal ini dikarenakan Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang masuk dalam rencana strategis Banjar Bakula, sehingga semua perencanaannya harus bisa bersinergi dengan rencana provinsi dan rencana lainnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah ,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Alive Yoesfah Love, Kepala Bappeda Litbang Kota Banjarmasin Ahmad Syauqi. (naz/fsl)

Lebih baru Lebih lama