Trending

Paman Birin Buka Forda Kalsel 2023 di SKB Mulawarman, Ini Harapannya

 

Festival olahraga rekreasi daerah (Forda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2023 resmi digelar di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin, Sabtu (20/5/2023). MC Kalsel/tgh
REKREASI - Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2023 resmi digelar di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin, Sabtu (20/5/2023). (Dok. Diskominfomckalsel)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin secara resmi membuka Festival olahraga rekreasi daerah (Forda) Provinsi Kalsel 2023 di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin.

Kegiatan Forda Kalsel bertujuan untuk melakukan seleksi penggiat olahraga tradisional untuk mewakili Kalsel pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke-7 pada Juli 2023 di Bandung, Jawa Barat.

Adapun Inorga yang dipertandingkan dalam Forda Kalsel tahun 2023 ini yakni, ASSI, Persocci, Pogti, Porgasi, Baveti, Porti, ILDI, Ioski, Asiafi, Gebuk Bantal (Pertina), Ketapel (Portina), Perpatri, PPSI, ASTA, Kosti, Lari Balok (Portina), AKTI, IESPA, Pelangi dan ASKI, dengan jumlah peserta hampir 800 orang.

Di kesempatannya, Gubernur Kalsel sekaligus Ketua DPD Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalsel, Sahbirin Noor mengaku senang dan bangga gelaran Forda ini dapat kembali dilaksanakan, karena menjadi salah satu wahana, untuk memajukan dan memasyarakatkan olahraga rekreasi masyarakat di Kalsel.

“Alhamdulillah, sekarang ini, olahraga rekreasi masyarakat semakin maju dan populer di banua kita. Hal tersebut terlihat dari berbagai festival olahraga yang diselenggarakan, serta keikutsertaan dan prestasi banua kita di ajang Fornas,” kata Sahbirin Noor, Sabtu (20/5/2023).

Lanjut Ia menjelaskan, momentum ini harus terus dijaga, agar olahraga rekreasi semakin dikenal di tengah masyarakat, terlebih berbagai permainan yang ada merupakan olahraga rekreasi dan ada kompetisinya.

“Melalui olahraga, selain dapat menjaga kondisi kebugaran dan kesehatan tubuh, juga dapat membawa kebahagiaan, keceriaan, dan kegembiraan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah menambahkan kegiatan Forda merupakan rangkaian untuk menyeleksi penggiat olahraga rekreasi masyarakat, yang nantinya akan terpilih mewakili Kalsel pada even Fornas, Jawa barat 2023.

“Dari hasil Forda, kita akan pilih yang terbaik untuk mewakili kalsel,” ujarnya.

Lanjut menjelaskan, pada Fornas Jabar nanti Kalsel akan memberangkatkan penggiat olahraga rekreasi masyarakat sebanyak 500 lebih untuk mengikuti semua cabang olahraga.

“Mudah-mudahan tahun ini Kalsel mampu meraih prestasi lebih baik dibandingkan tahun lalu. Apalagi inorga kalsel selalu berprestasi di ajang nasional,” pungkasnya. (win) 

Lebih baru Lebih lama