Trending

Polres Balangan Ajak Warga Berpartisipasi Lomba Satkamling

 

CURHAT - Polres Balangan menggelar Jumat Curhat sekaligus sosialisasi lomba Sitkamling,. (Dok. Humas Polres Balangan)

BANUATODAY.COM, PARINGIN - Program Jumat Curhat Polres Balangan yang gelar di desa Lasung Batu Kecamatan Paringin bahas stabilitas keamanan desa dan Agenda perlombaan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) jelang peringatan Hari Bhayangkara ke 77, Jumat (19/5) pagi.

Diketuai Kasat Binmas Polres Balangan Iptu Herry Saputro, dijelaskan bahwa perlombaan Satkamling merupakan rangkaian acara hari jadi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Hari Bhayangkara) ke 77 yang akan diselenggarakan ditingkat Kabupaten maupun Provinsi.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K. melalui Kasat Binmas Iptu Herry Saputro mengatakan perlombaan ini juga bertujuan sebagai pengaktifan kembali pos-pos Kamling di wilayah Kabupaten Balangan, program tersebut dilaksanakan dari tingkat desa melalui Polsek, tingkat Kabupaten melalui Polres, dan tingkat Provinsi melalui Polda.

BACA JUGA : Maling Motor Milik Petugas Kebersihan Pemkab Balangan Dibekuk Polisi

“saya harapkan kesiapan dari tiap-tiap Satkamling desa untuk perlombaan tersebut, karena penilaian dilakukan secara dadakan atau tidak ada pemberitahuan” ucap Kasat Binmas.

Terlepas menjaga keamanan desa, warga peserta Jumat Curhat mengeluhkan mengenai warung remang-remang yang menyalakan musik pada malam hari secara berlebihan dan mengganggu masyarakat lain.

Dari keluhan warga tersebut, Kapolsek Paringin Ipda Endar Susilo menanggapi bahwa dari anggota Polsek Paringin sudah melaksanakan patroli kewilayah tersebut.

“Kami sudah berikan teguran kepada pemilik warung, walaupun diperbolehkan menggunakan musik tetapi tidak terlalu nyaring yang dapat mengganggu masayarakat lain,” tegas Kapolsek Paringin Ipda Endar Susilo.

Selain itu, masyarakat meminta saran bagaimana upaya menghadapi adanya tindak pidana pencurian yang kerap terjadi, meskipun hal sepele yang dicuri namun sangat meresahkan.

“Keamananan bukan hanya tanggung jawab Polri, tetapi hal ini merupakan kerja sama kita semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban, gelorakan kembali Satkamling, dan apabila menemukan atau mendapatkan informasi adanya oknum yang dicurigai ataupun melakukan tindak pidana, agar melaporkan kepada pihak kepolisian, pasti kami tindaklanjuti,” tegas Kapolsek Paringin. (win)

BACA JUGA : Band Gigi Meriahkan Puncak HUT Ke-20 Balangan, Polres Kerahkan Ratusan Personel

Lebih baru Lebih lama