Trending

Tambrin Minta Jemaah Haji Kalsel Tingkatkan Pengetahuan dan Kemandirian Lewat Manasik

 



KEPALA Kanwil Kemenag Kalsel, HM Tambrin, saat membuka bimbingan manasik haji Kota Banjarmasin. (Dok. Kemenag)

BANUATODAY.COM, BANJARMASIN - Manasik haji menjadi sarana bagi jemaah haji untuk meningkatkan pengetahuan dalam mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Dr. H. Muhammad Tambrin M.M.Pd, meminta kepada para jemaah haji memanfaatkan momentum pelaksanaan manasik haji untuk meningkatkan pengetahuan serta kemandiriannya dalam berhaji.

Permintaan tersebut disampaikannya kepada 466 orang jemaah haji Banjarmasin pada kegiatan bimbingan manasik haji reguler yang dilaksanakan oleh Kemenag Kota Banjarmasin di hotel Nasa Banjarmasin, Selasa (9/5/2023).

"Saya menegaskan bahwa tujuan pelaksanaan manasik haji dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan bagi jemaah haji regular, sehingga jemaah haji memiliki kemandirian dan bekal pengetahuan dalam menunaikan ibadah haji sesuai dengan syariat Islam,” tegasnya.

Tambrin selanjutnya mengapreasinya atas pelaksanaan kegiatan manasik tersebut, sebab sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah bahwa warga Negara Indonesia yang akan berangkat menunaikan ibadah haji mendapatkan Pembinaan, Pelayanan, Perlindungan dan pelaksanaan manasik haji adalah bagian dari Pembinaan jemaah haji.

Menurut Tambrin, kegiatan manasik sebagai bentuk ikhtiar kita dalam melayani dan memberikan bekal jemaah haji terkait manasik yang akan menentukan sah dan tidak sahnya ibadah haji yang dilaksanakan.

“Dalam kesempatan ini kami percaya kepada narasumber bimbingan manasik haji adalah narasumber yang memiliki kompetensi dan profesional pada bidang masing-masing, sehingga tujuan utama dari pelaksanaan bimbingan manasik ini dapat tercapai dengan baik,” katanya.

Kegiatan tersebut disamping dihadiri oleh jajaran pejabat lingkup Kemenag Kota Banajarmasin juga dihadiri perwakilan pejabat dareh Banjarmasin, Tokoh Agama dan perwakilan pimpinan ormas islam serta para petugas kloter yang akan mendampingi jemaah haji. (nt/win)

Lebih baru Lebih lama