Trending

3 Kereta Terlibat Tabrakan di India, Ratusan Orang Tewas dan Lebih 850 Orang Terluka

ILUSTRASI

BANUATODAY.COM, NEW DELHI - Jumlah korban tewas akibat tabrakan dua kereta penumpang India di negara bagian Odisha mencapai 288 dan lebih dari 850 orang terluka, kata seorang pejabat pemerintah negara bagian itu kepada AFP pada Sabtu, menjadikan kecelakaan kereta api itu sebagai beban negara itu. paling mematikan dalam lebih dari dua dekade.

Sudhanshu Sarangi, direktur jenderal Dinas Pemadam Kebakaran Odisha, juga mengatakan bahwa "pekerjaan penyelamatan masih berlangsung" dan ada "banyak luka serius", menurut AFP.

Kepala Sekretaris Pradeep Jena mengatakan di Twitter bahwa lebih dari 200 ambulans telah dipanggil ke lokasi kecelakaan hari Jumat di distrik Balasore Odisha dan 100 dokter tambahan, di atas 80 dokter yang sudah ada, telah dikerahkan.

Pada Sabtu pagi, rekaman video Reuters menunjukkan petugas polisi memindahkan mayat yang ditutupi kain putih dari rel kereta api.

Dilansir kantor berita India, PTI,  derek besar dan buldoser telah didatangkan untuk mengangkat gerbong yang telah terkubur oleh benturan gerobak lain yang jatuh saat petugas penyelamat menggunakan obor gas dan pemotong listrik untuk menarik korban selamat dan korban tewas dari baja hancur dari tiga kereta api yang tergelincir satu di atas yang lain dalam urutan yang mengerikan.

Pejabat di Bhubaneswar mengatakan 200 ambulan, 50 bus dan 45 unit kesehatan bergerak bekerja di lokasi kecelakaan, selain 1.200 personel. Jenazah dibawa ke rumah sakit dengan berbagai jenis kendaraan, termasuk traktor.

BACA JUGA Ketua DPR RI Ingatkan Kebijakan Kelas Rawat Inap Standar BPJS Kesehatan Tak Persulit Rakyat

"Korban tewas dalam Kecelakaan Kereta Balasore telah meningkat menjadi 238," kata Kepala Sekretaris Odisha PK Jena kepada wartawan di sekretariat negara bagian Odisha di Bhubaneshwar, Sabtu.

Kecelakaan kereta, yang paling mematikan keempat di India menurut catatan yang tersedia, terjadi di dekat stasiun Bahanaga Baazar di distrik Balasore, sekitar 250 km selatan Kolkata dan 170 km utara Bhubaneswar, sekitar pukul 7 malam pada hari Jumat, mendorong Kementerian Kereta Api untuk memerintahkan menguji.

Penyelidikan atas kecelakaan kereta itu akan dipimpin oleh AM Chowdhary, Komisaris Keselamatan Kereta Api, South East Circle, kata Indian Railways dalam sebuah pernyataan. Komisaris Keselamatan Kereta Api berada di bawah Kementerian Penerbangan Sipil.

Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan crash, sumber menunjukkan kemungkinan kegagalan pensinyalan.

Beberapa gerbong 12864 Bengaluru-Howrah Superfast Express, dalam perjalanan ke Howrah, tergelincir dan jatuh di jalur yang berdekatan, kata seorang pejabat.

"Gerbong yang tergelincir ini bertabrakan dengan 12841 Shalimar-Chennai Central Coromandel Express dan gerbongnya juga terbalik," katanya.

Sebuah kereta barang juga terlibat dalam kecelakaan itu karena beberapa gerbong Coromandel Express, yang sedang menuju Chennai, menabrak gerbongnya setelah tergelincir, tambahnya.

Juru Bicara Kereta Api Amitabh Sharma mengatakan kepada PTI Video bahwa Coromandel Express tergelincir lebih dulu, dan 10-12 gerbongnya jatuh di jalur yang dilalui Bengaluru-Howrah Express, memaksanya untuk melompat dari rel.

Versi kecelakaan yang berbeda tidak dapat segera direkonsiliasi.

Oposisi sambil menyampaikan belasungkawa atas kematian yang terjadi di salah satu bencana kereta terburuk di India, juga mengecam pemerintah.

"Pemerintah hanya berkonsentrasi pada kereta mewah. Kereta dan rel orang biasa diabaikan. Kematian Orissa adalah akibatnya. Menteri Perkeretaapian harus mengundurkan diri," kata anggota parlemen CPI Binoy Viswam dalam tweet.

Pemotong gas digunakan untuk mengeluarkan mayat dari bawah gerbong yang tergelincir. Petugas manajemen bencana dan petugas pemadam kebakaran sibuk bekerja mencoba mengeluarkan mayat saat fajar menyingsing di stasiun jalan kecil di jalur kereta api pantai timur ini.

Dari bukit terdekat, lokasi kecelakaan tampak seperti angin puyuh yang kuat telah melemparkan gerbong kereta api di atas satu sama lain, dengan cara "murka" yang serampangan.

Lebih dekat ke tanah, baja yang hancur dan tubuh yang berlumuran darah dan cacat terjerat satu sama lain menciptakan pemandangan yang aneh.

BACA JUGA Bertemu KPU RI, Ini Harapan Komnas Perempuan Terkait Pemilu 2024

"Beberapa pemandangan di tempat itu terlalu mengerikan untuk digambarkan," kata seorang penumpang.

Rel kereta api hampir hancur di tempat karena gerbong yang hancur berserakan di mana-mana, dengan beberapa gerbong dipasang di gerbong lain, sementara beberapa gerbong berubah menjadi kura-kura karena benturan.

Pijush Poddar, seorang penduduk Berhampore di distrik Murshidabad Benggala Barat, sedang melakukan perjalanan ke Tamil Nadu dengan Coromandel Express untuk bergabung bekerja di sana ketika kecelakaan itu terjadi.

"Kami tersentak dan tiba-tiba melihat bogie kereta berputar di satu sisi. Banyak dari kami terlempar keluar dari kompartemen karena momentum penggelinciran. Ketika kami berhasil merangkak keluar, kami menemukan mayat bergelimpangan," katanya.

Penduduk setempat mengatakan mereka mendengar suara keras berturut-turut, setelah itu mereka bergegas ke tempat itu dan menemukan gerbong yang tergelincir, yang tidak lain adalah "tumpukan baja yang hancur".

"Masyarakat setempat benar-benar mengambil risiko untuk membantu kami... Mereka tidak hanya membantu mengeluarkan orang tetapi juga mengambil barang bawaan kami dan memberi kami air," kata Rupam Banerjee, salah satu penumpang, kepada wartawan.

Salah satu gerbong "didorong ke tanah" sementara yang lain dari kereta tetangga ambruk di atasnya, kata penumpang.

Pekerjaan sedang dilakukan untuk mencoba dan melepaskan bogie tertentu itu dan mengambil orang mati di dalamnya. "Ini akan meningkatkan jumlah korban tewas secara signifikan," kata seorang petugas bantuan bencana negara bagian.

Rumah sakit distrik Balasore tampak seperti zona perang dengan yang terluka terbaring di tandu di koridor dan kamar-kamar penuh sesak dengan tempat tidur tambahan disangga.

Staf medis yang tergesa-gesa terlihat berusaha memberikan pertolongan kepada pasien yang banyak di antaranya berasal dari negara bagian selain Odisha dan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Secara keseluruhan, sekitar 526 korban kecelakaan kereta api telah dirawat di satu rumah sakit ini.

Polisi dan penduduk setempat secara sukarela mendonorkan darah di sini dan banyak rumah sakit sepanjang malam, kata para pejabat. Lebih dari 2.000 orang berkumpul di Balasore Medical College and Hospital pada malam hari untuk membantu yang terluka, dan banyak juga yang menyumbangkan darah, kata para pejabat.

Kamar mayat di rumah sakit adalah tumpukan mayat yang diselimuti putih, banyak dari mereka yang belum diidentifikasi sebagai kerabat belum pergi ke kota dengan banyak layanan kereta dibatalkan atau ditunda karena kecelakaan di jalur utama kereta api.

Ketua Menteri Odisha Naveen Patnaik mengumumkan hari berkabung satu hari pada hari Sabtu setelah kecelakaan kereta tiga kali lipat yang mematikan.

Komisaris Bantuan Khusus Negara Satyabrata Sahoo mengatakan mereka yang terluka dalam kecelakaan itu sedang menjalani perawatan di berbagai rumah sakit.

BACA JUGA Expo Nusantara di Siring Menara Pandang, Wujud Harmonisasi Lintas Agama

Semua rumah sakit pemerintah dan swasta di distrik terdekat, termasuk AIIMS di Bhubaneswar sedang digunakan.

Menteri Perkeretaapian Ashwini Vaishnaw tiba di lokasi tersebut pada pagi hari, begitu pula kepala menteri Odisha Naveen Patnaik.

Kereta api mengumumkan ex-gratia Rs 10 lakh untuk kerabat terdekat almarhum, Rs 2 lakh untuk mereka yang terluka parah dan Rs 50.000 untuk mereka yang mengalami luka ringan.

Perdana Menteri Narendra Modi juga mengungkapkan kesedihannya atas kecelakaan itu, dan mengumumkan tambahan ex-gratia sebesar Rs 2 lakh untuk kerabat terdekat almarhum dan Rs 50.000 untuk yang terluka dari Dana Bantuan Nasional PM (PMNRF).

"Tertekan dengan kecelakaan kereta api di Odisha. Di saat duka ini, pikiran saya bersama keluarga yang berduka. Semoga yang terluka segera pulih. Berbicara dengan Menteri Kereta Api @AshwiniVaishnaw dan memperhatikan situasinya. Operasi penyelamatan sedang berlangsung di lokasi kecelakaan dan semua bantuan yang mungkin diberikan kepada mereka yang terkena dampak," cuitnya.

Pemerintah Odisha mengeluarkan saluran bantuan 06782-262286. Saluran bantuan kereta api adalah 033-26382217 (Howrah), 8972073925 (Kharagpur), 8249591559 (Balasore) dan 044- 25330952 (Chennai).

Mengekspresikan keprihatinan atas kecelakaan itu, yang melibatkan banyak orang dari Benggala Barat, Ketua Menteri Mamata Banerjee mengatakan dia sedang memantau situasi bersama dengan sekretaris kepala dan pejabat lainnya.

Sekretaris Kepala Benggala Barat HK Dwivedi mengatakan negara bagian mengirim tim yang dipimpin oleh menteri Manas Bhunia dan anggota parlemen Dola Sen ke tempat itu.

Sejauh ini, 18 kereta jarak jauh telah dibatalkan akibat kecelakaan yang terjadi di jalur utama Howrah-Chennai di divisi Kharagpur dari Kereta Api Tenggara. (net/enw)

Lebih baru Lebih lama