Trending

Debat Cawapres, Prabowo Sebut Gibran Tunjukkan Kapasitasnya

DEBAT - Cawapres Gibran Rakabuming Raka  saat debat. (Youtube KPU)

BANUATODAY.COM, JAKARTA - Debat kedua untuk cawapres atau debat keempat Pilpres 2024 telah dilaksanakan Minggu (22/01/2024) malam di Jakarta Convention Center (JCC).

Dalam pernyataan penutupnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menekankan pentingnya hilirisasi ketika memberi pernyataan penutup debat (closing statement). 

"Hilirisasi bisa meningkatkan nilai tambah dalam negeri dan membuka lapangan kerja yang luas. Saya tidak akan bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi kita akan keluar dari midle income trap. Dengan hilirisasi kita akan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Dengan hilirisasi kita akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," papar putra sulung Presiden Joko Widodo ini.

Gibran juga menyinggung soal tantangan aspek lingkungan dan keberlanjutan sosial dari pelaksanaan hilirisasi. 

"Tantangan ini merupakan tantangan zaman now, membutuhkan solusi zaman now. Tantangannya bagaimana kita mencari titik tengah keseimbangan lanjutkan hilirisasi, tapi wajib menjaga lingkungan. Tingkatkan produktivitas pertanian dan sektor maritim, tapi wajib menjaga keseimbangan alam," ucap Gibran.

Gibran berterima kasih kepada cawapres 1 Muhaimin Iskandar dan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md atas debat malam ini. Harapannya, debat cawapres malam ini memberi gambaran tentang ke mana bangsa akan melangkah.

"Terima kasih Prof Mahfud, Gus Muhaimin, semoga debat malam ini memberi gambaran tentang ke mana arah bangsa ini melangkah. Sekali lagi, tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now," ucap Gibran.

Sementara itu, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyatakan dirinya bangga terhadap Gibran. 

"Gibran berhasil menampilkan kapasitas dan kemampuannya. Saya sangat bangga lagi. Ternyata Mas Gibran kembali tunjukkan kapasitas, kemampuan, penguasaan terhadap masalah ekonomi. Jadi ya kami turut bangga," ujar Prabowo dalam jumpa pers usai debat.

Prabowo menjelaskan, rakyat kini semakin jelas melihat bahwa Prabowo-Gibran ingin melanjutkan kebijakan yang sudah baik.

Dia menyebut rakyat sudah paham dengan pembangunan yang dihasilkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan semua presiden terdahulu.

"Kita ingin melanjutkan semua yang baik dan tambah mempercepat kemajuan kita demi kemakmuran rakyat Indonesia," tuturnya. 

"Jadi saya kira itu yang ingin saya sampaikan. Saya kira rakyat ingin secepatnya pemilu datang supaya keputusan jelas dan bangsa kita bisa bekerja lebih baik lagi ke depan," sambung Prabowo. (nt/fzl)

Lebih baru Lebih lama