Trending

Jelang Pemilu 2024, DPD PKS Balangan Siapkan Para Saksi dengan Pelatihan Intensif

PELATIHAN: PKS Balangan menggelar pelatihan para saksi - Foto Dok


BANUATODAY.COM, BALANGAN - Dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang semakin dekat, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Balangan memberikan persiapan ekstra bagi para saksinya. Kegiatan pelatihan intensif ini berlangsung selama enam hari, mulai dari 24 hingga 29 Januari 2024, di Aula Ar-Rauddah Resto & Waterpark, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan.

BACA JUGA: Warga Senang Bisa Berkenalan Langsung dengan Caleg PDIP Samosir

Ketua DPD PKS Balangan, M Nor Iswan, menjelaskan bahwa pelatihan ini diberikan kepada 460 calon saksi dari DPD PKS Balangan, yang mencakup tingkat TPS hingga kabupaten. Pelatihan tidak hanya fokus pada pemahaman proses pemungutan dan perhitungan suara, tetapi juga mencakup seluk beluk tugas seorang saksi.


"Kami memastikan para calon saksi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melancarkan dan mengawasi jalannya pemungutan suara. Mereka dilatih oleh mentor dari berbagai latar belakang, termasuk peserta pemilu dan ahli hukum, untuk memberikan pemahaman yang mendalam," ujar M Nor Iswan.


Menurutnya, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk mempersiapkan saksi secara teknis, tetapi juga memberikan wawasan terkini terkait manajerial saksi dan penggunaan aplikasi smartphone. DPD PKS Balangan optimis bahwa penggunaan aplikasi ini akan mempermudah proses tabulasi hasil suara, sehingga hasil pemilu dapat diakses secara cepat oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Supian HK Tuntaskan Serap Aspirasi 16 Desa di Kabupaten Balangan Dan Tabalong

"Kami berharap, dengan pelatihan ini, para saksi dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik dan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keberlangsungan proses demokrasi pada tanggal 14 Februari mendatang," tambahnya.

Dengan persiapan yang matang ini, DPD PKS Balangan menegaskan komitmennya untuk menjaga integritas dan transparansi Pemilu 2024 demi terwujudnya pesta demokrasi yang bersih dan berkeadilan. (vr/fs)

Lebih baru Lebih lama