Trending

PGN Kembangkan Bisnis Mini LNG Pertama di Indonesia, Salurkan Gas ke Smelter Sulawesi Tenggara

PELANGGAN - PGN salurkan LNG ke pelanggan smelter di Sulawesi Tenggara. (Dok. PGN)


BANUATODAY.COM, JAKARTA - Subholding Gas PT Pertamina Persero, PT PGN Tbk, melalui PT Pertagas Niaga (PTGN), berhasil menyalurkan LNG dari PT Kayan LNG Nusantara ke pelanggan smelter di Sulawesi Tenggara.

Alokasi LNG ini merupakan hasil dari Perjanjian Jual Beli LNG antara PTGN dan Kayan.

PTGN menggunakan 25 unit Isotank berukuran 40 ft sebagai moda transportasi LNG.

Ratih Esti Prihatini, Direktur Sales dan Operasi PGN, menyatakan bahwa penyaluran LNG dari Kayan akan mendukung pengembangan bisnis mini LNG untuk PGN dan pasar domestik.

Proyek ini menjadi pengembangan LNG skala kecil pertama di Indonesia, dengan pengambilan LNG dilaksanakan setelah serangkaian uji coba tuntas.

"Penyaluran alokasi LNG dari Kayan membuktikan bahwa skema beyond pipeline PGN dapat direalisasikan secara komersial.

"Kerja sama antara PGN Group dan Kayan diharapkan dapat menggerakkan industri LNG retail di Indonesia, menciptakan multiplier effect bagi pengguna akhir, serta merangsang pertumbuhan ekonomi di sekitarnya," ujar Ratih pada Minggu (7/1/2024).

Smelter menjadi fokus hilirisasi yang dipercepat oleh Pemerintah, karena dapat meningkatkan nilai bahan baku hasil pertambangan di Indonesia.

Dengan mengalirkan LNG ke smelter, PGN Group turut berkontribusi mendukung program hilirisasi Pemerintah yang menggunakan gas bumi sebagai energi rendah emisi dan ramah lingkungan.

Ratih berharap, wilayah yang dapat dijangkau oleh LNG akan terus berkembang.

Selain untuk industri dan smelter, pemanfaatan LNG diharapkan dapat melibatkan pembangkit listrik dan berbagai segmen pengguna lainnya.

Meskipun beberapa wilayah di Indonesia belum memiliki infrastruktur pipa gas bumi, terobosan LNG skala kecil diharapkan dapat berperan sebagai infrastruktur pendukung untuk meratakan penggunaan gas bumi.

Hal ini diharapkan dapat memungkinkan masyarakat di berbagai pulau di Indonesia menikmati manfaat gas bumi dan mendukung pencapaian target Pemerintah menuju Net Zero Emission. (pr/niz)

Lebih baru Lebih lama